Celoteh

[Celoteh] Suka Pakai ‘Dark Mode’? Jangan Keseringan ya!

hayooo siapa niih yang sering!

Siapa nih yang suka pakai Dark Mode di Handphone atau software/perangkat lain? Entah Sosial Media, software ngoding, website atau apalah yang ada fitur Dark Modenya. Tapi tau gak sih apa fungsi utama untuk Dark Mode ini? Nah di celotehan gw kali ini mau ngasih tau sedikit aja tentang fitur yang kayanya sering banget dipakai sama netijen.

Sebenernya mode yang satu ini bagus sih, salah satunya biar mata kita gak capek/tegang liat layar dan nurunin paparan cahaya biru dari layar (blue light), TAPI mode yang satu ini biasanya disalahgunakan sama user nih. Salahnya dimana tuuh? NAH salah satunya yaitu pakai Dark Mode saat area terang. Dan fungsi utama dari Dark Mode itu untuk menghemat daya (salah satunya baterai ponsel). Misal kamar lu gelap, tapi lu harus baca agar pikiran tenang untuk tidur, disitulah Dark Mode diaktifkan, BUKAN SAAT KAMAR/AREA TERANG TERUS ELU PAKE DARK MODE, YANG ADA MATA LU RUSAK KALO SERING TERUS-TERUSAN BEGITU OOIII 😂

Menurut penelitian pun (weddeeehh) dan gw juga belajar hal ini sih waktu dimasa pendidikan dan dipakai sampai kehidupan sehari-hari (tolong koreksi dikomentar jika ada salah kalimat/statement), kalau kondisi cahaya terang terus lu pakai Dark Mode yang ngebuat teks agak gelap/redup ketimbang mode normal, hal kaya gini yang bisa bikin mata lebih bekerja keras ketimbang mode terang karena mata lu harus menyesuaikan untuk melihat lebih jelas tulisan yang minim/redup itu.

Karena mata lu kurang cahaya yang masuk tapi harus ekstra bekerja keras dan dilakuin secara terus-menerus, kekuatan lensa mata untuk membuat mata fokus malah berkurang dan akan berefek jadi rabun dan otomatis lu akan berkacamata. Kalau bahasa kedokterannya itu computer vision syndrome (CVS) yaitu keluhan di mata akibat seringnya pengguna memakai komputer/tablet/HP atau alat elektronik lainnya secara berlebihan dalam waktu lama dan gak ada istirahatnya.

Nah salah satu istirahat mata yang simple yaitu sering melihat jauh dan fokus akan kejauhan itu. Contohnya gini deh, dan ini gw terapin juga dikehidupan gw sehari-hari. Lu kan sering banget liat monitor berjarak 1.5 sampai 2 meter nih misal, salah satu istirahat mata selain merem (tidur) yaitu liat sesuatu/hal yang jauh beberapa meter misal kaya foto atau tulisan ditembok, nah lu fokus beberapa menit dulu disana atau alihin pandangan lu dari layar dalam beberapa menit aja.

Karena mata lu sering terkapar cahaya layar termasuk radiasinya, jadi istirahat kaya gitu bisa ngebantu banget buat ngeregangin otot mata agar gak kaku yang bisa berefek rabun dimata. Gw biasa ngelakuin kaya gitu dalam tempo 1:2, misalnya gw ngeliat monitor 1 jam nonstop karena ngoding / nonton, tiap 30-45 menit, mata gw akan melihat kepandangan atau sesuatu yang jauh kaya gw ngeliatin foto atau jam atau fokus ngeliat rumah orang/pohon lah, diem dulu selama 5-10 menit, kalau dirasa mata udah gak tegang, baru gw liat monitor lagi. Karena hal kaya gini dan gw sering ngelakuin ini, yaap sampai sekarang, gw gak berkacamata dan bisa dibilang gw bangga akan pengetahuan gw itu 😁 Bahkan nyokap pun dulu sampai ngomel-ngomel suruh keluar dulu atau apa, tapi kalau lu males kaya gw, salah satu istirahat mata yang simple itu ya kaya gitu.

Nah, balik ke topik Dark Mode, kalau bisa jangan sering-sering pakai Dark Mode karena mode yang satu ini emang difokusin buat baca dan hanya dipakai sementara kalau mata lu lelah tapi kerjaan lu masih urgent banget laah.

Terakhir dan seperti biasa, cheers 🥂

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger