Celoteh

[Celoteh] Udah gede mau jadi apa? – “Blogger”

Btw, akhir-akhir ini gw sering banget bikin celotehan ya.. ahahahaha.. biarin gw mau ningkatin persenan kebaikan gw di blog ini.. upload hal-hal ilegal mulu, dosa taauuu.. wkwkwk

Udah gede mau jadi apa?? –  Jadi blogger aja biar dapet duit.

Oke, konteks “Blogger” ini sekarang udah jarang banget ditemuin (mungkin, akibat kalah dengan konteks “Youtuber“, masih kecil, ditanya kalau udah gede mau jadi apa, jawabnya “JADI YOUTUBER“) … ee buceett. Kalau dulu awal-awal gw mulai ngeblog (tahun 2008) masa-masa itu lagi gencar-gencarnya banget para netter bikin blog, basisnya sih pake Blogspot waktu itu. Awal mula gw bikin blog itu masih ndeso gitu lah, tuker-tukeran link, cari-cari afiliasi, komen sana komen sini, promosi.. lucu lah. Dan blog pribadi gw itu gak pake nama gw sendiri, yaitu pake nama samaran *lupa apa, pokoknya nama-nama alay gitu lah*.

Dulu sih gw bikin blog gak mikirin penghasilan (kaya sekarang), gak mikirin kejar tayang (kaya sekarang), pokoknya gak kaya sekarang lah.. :v Dulu sih suka hati gw aja mau nulis kapan. Tapi yang masih gw bawa sampai sekarang yaitu tagline blog gw ini “Sesuka Gw, Semau Gw”, dari dulu itu gw bawa, Sesuka Gw mau nulis tentang apa, Semau Gw mau rilisnya kapan. Pokoknya blog itu dulu gw bikin buat nulis apa yang pengen gw tulis dan gw bagiin tanpa kejar target. *iyalah, lu masih awam pe’a ja, gblk lu ah, kzl bat gw*

Awalnya minat ngeblog gitu, dulu gw bikin blog tentang berita-berita motor gitu (tahun 2008-2009), gw dulu sering nonton berita motor, ikut turing bokap gw, sampai ketemu empunya blog berita motor Stephenlangitan.com, ketemu tim dari Autonet Magz, Motor Plus, dan web berita otomotif lainnya, terus dari situ gw mau coba bikin blog pribadi (tahun 2011), dari bikin blog pribadi, lanjut ke blog teknologi (nah blog ini dikelola sama 2 orang, gw & temen gw). Dari situ gw belajar lebih dalam tentang blog, belajar HTML sampe begadang, tidur jam 3 atau jam 4 pagi, pokoknya kalau ini belum selesai gw belom bisa tidur, atau kalau masih ada yang rusak, gw juga belom bisa tidur. Utak-atik template blogspot sampai error atau utak-atik script HTML 1 hari penuh, kenapa ini bisa gak kebaca scriptnya atau kenapa error.

Masih belajar HTML, gw belajar niru tampilan blog orang, sampai-sampai bikin website dengan full fitur HTML di PC Lokal (pakai xampp) dengan tampilan punya blog orang. YA ITU BENERAN GW TIRU SECARA PAS dengan script HTML AJA.

Gak cuma belajar script HTML, nah script yang satu ini ada kaitannya juga sama HTML, yaitu CSS. Fungsinya itu sih kalau omongan simplenya sih gini “HTML itu kerangkanya, CSS itu desain untuk lebih mempercantik” Bisa aja sih desain website full dengan HTML, tapi gak leluasa ngaturnya, bikin shadow, margin dan lainnya. Nah di CSS ini edit desainnya bisa lebih leluasa. Begitchuu~

Lanjut dari CSS, gw belajar JavaScript, gimana cara pasang widget jam, cara pasang audio, edit player audio itu, tambah musik secara manual dengan player yang terbuat dari JavaScript. Gak puas belajar JavaScript yang gitu-gitu aja, gw coba naik tingkat JSnya, gw coba tes-tes bikin aplikasi BlackBerry (pada jamannya) dan ternyata BERHASIL !! (dengan bantuan nyari dari google.. waks :v)

Gak puas belajar JS (JavaScript) gw lanjut belajar script PHP (sampai sekarang masih belajar sih, karena script yang satu ini lama dipelajarinnya gak kaya HTML sama CSS). Oh iya, belajar JS itu bisa dibilang 1-3 tingkat lebih susah ketimbang HTML dan CSS. Ya emang dasarnya sih bikin web itu pakai HTML + CSS (it’s simple). Tapi kalau mau lebih enak bikin tampilannya atau lebih soft bikin websitenya, itu bisa pakai PHP (ibaratnya kalau di aplikasi editing adobe itu Photoshop simplenya dan Illustrator lebih advancenya).

 

Nah dari cerita keluh kesah diatas mulai belajar dari HTML, CSS, JS dan PHP (sampai sekarang, gw juga masih belajar 4 script itu). Ada lagi keluh kesah selain scripting, yaitu “Website gak akan hidup kalau gak ada domain & server“.

Okey, artikel ini akan dilanjutkan ke part 2 nanti. (kalau inget dan kalau sempet) 😀

Silahkan komen kalau ada pertanyaan. Atau cerita, awal lu punya blog gimana 🙂

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger