[Celoteh] Nama Domain dan Legalitas, Beli Domain .ID Bisa Tanpa KTP

0

Images by: 1juta.id (by Kemkominfo)

Di Indonesia bahkan dunia, Legalitas itu perlu untuk mengatur ketentuan yang ada dan celotehan singkat kali ini tentang “Nama Domain” dan “Kelegalitasannya”.

Gw sangat setuju banget sama kebijakan barunya PANDI selaku Pengelola Nama Domain Indonesia dan akhirnya pembelian domain khusus untuk .ID dibebaskan tanpa embel-embel identitas dir, dan otomatis domain .ID menjadi seperti domain general pada umumnya (com net org info atau country domain lainnya). Lalu gimana untuk masalah legalitasnya atau kepercayaan suatu kepemilikan domain tersebut?

Meskipun domain .ID dijual secara bebas ada juga aturan penting untuk domain yang mempunyai sebuah “identitas diri” untuk si pembeli. Misalnya aja meskipun domain ini dijual secara bebas, tapi jika si pembeli membelinya secara individu/personal, tidak perlu untuk aktivasi domain dengan identitas diri, dan kolom Organisasi di panel Domain tidak perlu diisi. Tapi sebaliknya jika yang membeli adalah sebuah Instansi, disitu PANDI berhak meminta ke-legalitas-an dari perusahaan tersebut entah itu KTP penanggung jawab, SIUP/TDP/NPWP Perusahaan dan jika perusahaan membeli domain .ID tapi berbeda dari nama perusahaannya disini PANDI diharuskan meminta bukti pernyataan “bahwa benar nama domain dengan nama xxx ini dimiliki oleh perusahaan/instansi kami” (hanya saran). Tapi saya rasa untuk instansi, lebih baik memilih domain khusus seperti .co.id yang artinya dipakai untuk Corporate/Perusahaan di Indonesia.

Pertanyaannya cuma satu untuk PANDI sebenarnya, karena domain .ID dijual secara bebas dan bisa saja individu menjalankan domain tersebut dan dipakai untuk kepeluan lain entah bisnis atau tipu-tipu, apakah PANDI bisa langung menonaktifkan domain tersebut? Waktu itu saya pernah kontak PANDI untuk permasalahan domain .ID karena dipakai untuk website judi, tapi sepertinya tidak ditanggapi oleh PANDI.

Jadi inti dari artikel ini sebenarnya .ID bisa menjadi nama domain yang baik atau buruk tergantung si pemakai, dan jika dirasa ada penipuan disitu, mungkin bisa untuk di stop membuka website tersebut dan coba untuk melaporkannya ke PANDI secara terus menerus.

Website PANDI – www.pandi.id

Terus gimana untuk kebijakan kepemilikan domain .ID ini di tingkat International? Karena jujur, gw juga beli domain negara lain seperti .us .sg .tokyo .jp juga, mungkin disini bisa dikasih opsi untuk pengelola kalau jika di tingkat International dibedakan hanya dari segi harganya.

Dan gimana kalau ada perselisihan antara nama merek yg sudah (dan belum mempunyai domain atau mungkin mempunyai domain Indonesia tapi dengan ekstensi yang berbeda) dengan domain yang akan kita beli dengan ekstensi .ID? Dulu kasus ini ada di Indonesia kalau gak salah kasus antara pemilik domain bernama BMW.ID yang dimiliki sama perseorangan dengan merek mobil BMW di Indonesia. Menurut peraturan domain International itu sebenarnya “Siapa Cepat Dia Dapat” tapi *mungkin* beda cerita kalau di Indonesia yang masih menganut lembar legalitas demi melindungi masyarakat dan mereknya. Di Indonesia sendiri, si pembeli domain dengan nama merek yang sudah ada, tidak bisa dipakai karena *katanya* untuk membedakan ciri khas di Dunia Maya, tapi menurut gw, ini gak masalah secara personal juga punya hak untuk memakai nama yang mirip seperti merek yang udah ada, misalnya singkatan dari namanya ternyata BMW (Bimo Mario Wanata – misal) dan juga perorangan bisa berbisnis di penamaan domain ini. Misalnya lu pengen beli domain twitter.id nah di Indonesia itu gak masalah lu beli dan itu legal dan ternyata Twitter HQ atau Twitter Indonesia tau dan menanggapi hal ini dan ternyata lu dapat tuntutan. Ya lu bakal menang karena menurut peraturan International itu “Siapa Cepat Dia Dapat” dan kalau Twitter ingin memakai nama domain twitter.id ini, pihak Twitter harus membayar atau membeli domain ini dari orang yang memegang kendali atas nama domain twitter.id (harga tergantung si pemilik mau dijual berapa – ini yang dinamakan bisnis domain).

Dah gitu aja.. akhir kata, semoga domain .ID untuk masyarakat di Indonesia bisa menjadi lebih murah seharga beli domain general (com net org info) 😀


Related Article

About Author

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

*NB: Laporan tanpa screenshot akan diabaikan. / Report without screenshot will be declined


Leave A Reply (* required)

Enter Captcha Here : *

Reload Image  (jpg, gif, png, max file size: 1MB)

Advertisment ad adsense adlogger