Celoteh

Tokopedia, Dulu dan Sekarang

gambar via labana.id

Ngapain bikin artikel kaya gini? Hhmm.. sebenernya kepikiran tengah malam karena baca-baca berita tentang Startup gitu~

Oh, artikel ini sebenernya artikel motivasi (mungkin) karena artikel ini dibuat juga sebenarnya untuk memotivasi saya Pribadi sih. Dah lanjut sekarang bahas artikel utamanya sesuai judul. 😁

Tau kan Tokopedia? Tau laah, masa gak tau… Banyak cerita Tokopedia sebenarnya didirikan oleh 2 orang yang kalian tahu, yaitu sang CEO William Tanuwijaya dan partnernya Leontinus Alpha Edison yang bisa dibilang menjabat jadi COO, kedua orang ini berasal dari bidang IT loh!

Tapi masih ada 1 orang lagi Founder dari Tokopedia ini, yaitu sang Angel Investor bernama Victor Fungkong (CEO dari PT Indonusa Dwitama). Beliau mendanai di tahap-awal Tokopedia berdiri sebagai perusahaan yaitu 2009-2010, dia memberikan ide-ide dan hasil risetnya ke William dan Leon saat Tokopedia masih dalam bentuk Ide di akhir tahun 2008 sampai Tokopedia lahir arsitektur pertamanya di Februari 2009.

Pada Februari 2009, Tokopedia didanai langsung oleh Pak Victor pakai duit sendiri termasuk pendaftaran merek Tokopedia pada 2008 itu. Karena didanai sendiri oleh Pak Victor untuk menjadi perusahaan PT Tokopedia pada Februari 2009, beliau memiliki 80% saham dan masing-masing saham 10% dipegang oleh William dan Leon serta operasionalnya dipegang juga oleh mereka berdua, dan karena operasional dipegang sama 2 orang itu (William & Leon) secara profesional, mereka juga mendapat gaji dari PT Tokopedia. (enak yeee, udah dapet saham kosong, digaji pula 2 orang itu 😂)

Logo awal Tokopedia (2009)

Selain mendanai Tokopedia diawal, karena selaku pemegang saham terbesar, Pak Victor membantu dari sisi External Operasional salah satunya yaitu dengan mencarikan Investor dan masuklah East Ventures sebagai investor pertama Tokopedia di Januari 2010.

Berkat Angel Investor tersebut diawal usaha Tokopedia masih berupa ide dan tahap Beta, Tokopedia juga mendapat bantuan lain berupa sumber daya manusia yang berasal dari perusahaannya Pak Victor (PT Indonusa) untuk bantuan Operasional, Keuangan, Akuntansi, Legal dan lainnya. 😊

Sekiaaann~

.

.

.

.

Eh lanjut sedikit, kayanya gampang ya step ini ini ini itu itu terus jadi dan anda mikir juga “yaaahh, kenal orang dalem di perusahaan besar karena dia berdua karyawan juga diperusahaan group itu“. YAAA EMAANG CUUYY, bisnis dimulai karena emang dari relasi terdekat dan minta modal ke yang terdekat. KAGAK ada tuuh bisnis yang langsung BRAK jadi besar, kagaaaakkk adeeeee..

Mereka 2 orang itu (William dan Leon) meskipun kenal orang dalem, mereka juga bangun sistemnya, gimana berdarahnya mereka bikin sistem websitenya, servernya down, ngoding sendiri tanpa tim, mikirin masalah sembari mikirin ide kedepannya. LU KATA SEMUA ITU GAMPANG !! WAKTU JUGA CUUY BAYARANNYAAA

(dah emosinya.. tahaaann)

Sebentar, apa sih Angel Investor buat lu yang nanya-nanya. Angel Investor ini bisa dibilang seseorang atau perusahaan (tapi kebanyakan orang pribadi) yang ngebantu danain Startup sebelum masuk investasi Seri Pertama (Seri A). Jadi Angel Investor ini yaa pupuknya nih buat jadi besar, benar-benar untuk tahap awal masih dari Ide dan rancangan gitu.

Nah dari artikel ini juga, gw sebenernya punya cita-cita jadi Angel Investor itu atau punya kenalan banyak investor lah, makanya sekarang ini gw berdarah-darah, pakai duit sendiri dulu, rugi banyak, rugi waktu, rugi materil, rugi semuanya.. “lah, kapan untungnya?” hhmmm.. nanti dan semoga serta hingga bisnis-bisnis yang gw bangun akan untung, makanya biar dapet untung ya berdarah-darah dulu. Apalagi gw bisa dibilang sedikit punya relasi yang berduit atau ada relasi/kenalan, tapi gak sejalan dengan apa yang gw mau atau gw buat bisnisnya, dan rata-rata minatnya bukan atau gak sama dengan minat bisnis gw, jadiiii yaaa udah duit gw pribadi ngucur terus daah 😂

Referensi artikel : Kompas Money, Labana.id & Internet Archive

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Check Also
Close
Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger