Celoteh

[Celoteh] Setiap Hari Macet, oh Jakarta

Apa yang salah dari Jakarta? Kenapa mulai dari pagi-pagi udah macet? Jam setengah 6 itu udah mulai macet, kenapa bisa? apa yang salah dari Jakarta? Apa yang harus pemerintah lakuin untuk kemacetan di Jakarta dan apa yang harus kita lakuin (sebagai warga Jakarta) agar tidak bikin macet?

Jujur aja, gw malah lebih seneng kendaraan umum macam TransJakarta dan KRL Jabodetabek yang padat abis, karena ya…. namanya transportasi umum pasti isinya itu padat. Okay, pertanyaan gw untuk pemerintah dan warga Jakarta adalah:

Bisa gak sih kita sebagai warga Jakarta dan pemerintah Jakarta ngurangin kemacetan? Kalau bisa, dengan cara apa kita bisa mengurangi kemacetan tersebut?

Kalau gw sebagai warga Jakarta, gw punya 2 jawaban untuk warga dan pemerintah yaitu, untuk warga coba pagi-pagi sampai jam 9 aja, tolong jangan naik mobil, karena gw liat di Jakarta ini, kemacetan penuh sama mobil dan untuk pemerintah, coba bikin aturan untuk pemakaian mobil, gw rasa peraturan ganjil-genap ini kurang efisien. Bukan cuma untuk jalan protokol aja, tapi SEMUA JALAN BESAR harus dibikin peraturan, ya misalnya aja kaya yang gw sebut diatas “peraturan pemakaian mobil di jam tertentu”

Kenapa harus digituin, ya coba lihat di negara lain, memang negara lain itu ya punya mobil dipakai kalau untuk pergi keluarga aja tapi kalau kerja ya mereka pakai transportasi umum, mereka gak masalahin transportasi umum itu padet banget. Gw sadar sih transportasi umum macam bus dan mikrolet di Indonesia itu bisa dibilang kurang nyaman, tapi kan ada TransJakarta & KRL Jabodetabek yang tiap menit jalan terus dan nyaman banget.

Dan yang salah lagi, mungkin karena ada sistem “masuk pagi yang sudah di tentukan” untuk kantor, seharusnya kalau sudah macet gini ya dibikin minimal jam bekerja aja, contohnya kaya kita dibayar kerja untuk durasi berapa lama dan di Indonesia itu, minimal jam kerja adalah 5 jam (setau gw).

Dan karena kita dituntut untuk masuk pagi, BOOM jadilah orang buru-buru untuk masuk kerja. Ada orang yang bilang “makanya biar gak telat bangun pagi, jam 5 pagi udah jalan“, gw rasa itu salah. Meskipun lu bangun pagi sekalipun tapi kalau serentak jalannya ya ujung-jungnya macet juga.

Jadi gw rasa sih itu. Yaa, emang sih ngerubah sifat orang itu susah, tapi kalau untuk kebaikan semua juga bagus kan meskipun sistemnya dibikin “agak” keras sedikit. Dan gw rasa, malah kebalik tuh sistem “Car Free Day” di hari Minggu, kenapa gak bikin “Car Free Day” di hari kerja. Dan karena namanya “Car Free Day”, jadi motor gak masalah lewat karena motor gak mungkin bikin macet (pengalaman gw sebagai pengendara motor).

Okelah, ambil kesimpulan sendiri dari artikel ini ya. Dan kalau ada komentar, mohon jaga komentar jangan pakai kekerasan atau kata-kata kasar. Komentar bebas boleh, tapi tau tauran ya guys 🙂

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger