Celoteh

Ini Sedikit Cerita Tentang Online Shop yang gw Kelola

DonDon J-Shop - Shirobako
Kenapa ada Shirobako?? Baca dibawah ya ๐Ÿ™‚

UPDATE JANUARI 2022 : dondonshop.tokyo berubah domain jadi dondonharu.jp

Halo.. balik lagi gw nulis celotehan di blog tersayang gw ini.

Oke, dari judul udah ketahuan kalau gw bakal ngomongin tentang Online Shop yang gw kelola. Online shop gw bernama “DonDon J-Shop“, dan DonDon J-Shop berada di 1 group dengan Japanese Music ID yaitu RADIOSTAR Network (radiostar.co.id). Kenapa gw milih nama “DonDon” buat nama Online Shop gw?

Yang pertama, arti “dondon” di dalam bahasa Jepang itu artinya “terus-menerus“, jadi gw akan terus-menerus menjalankan usaha Online Shop berbasis Jepang secara serius. Gw gk akan menyerah untuk menjalankan usaha ini, gw punya misi harus membesarkan DonDon J-Shop seperti Startup lain. Meskipun masih kecil, tapi gw bangga bisa menolong orang untuk membeli barang-barang original Jepang.

Ja, lu kan bisa rugi bikin website Online Shop kaya gini“. Iya gw diawalnya emang rugi, sebagian duit gw buat beli domain dan server serta pemasangan securitynya ditambah biaya operasional bulanan-tahunan. Tapi dibalik kerugian itu, gw bangga dan suatu saat nanti gw akan sukses dengan Startup yang gw jalani ini.

Yang kedua kenapa gw milih kata “dondon” untuk Online Shop gw, yaitu saat gw nonton anime Shirobako. Shirobako itu sebuah anime yang mempunyai cerita bagaimana cara membuat anime, ribetnya mengurus jadwal sampai seiyuunya, susahnya bikin jalan cerita untuk anime, dan mereka harus dituntut selesai pada tanggal yang sudah ditentukan.

Di anime Shirobako itu, ada 5 karakter utama semuanya perempuan dari SMA yang sama, di SMA itu mereka senang membuat animasi, mereka juga yang membuat efek-efek suaranya sampai dubbingnya. Saat mereka lulus, mereka berpisah, dan ingin bekerja di divisi peranimasian. Sebagian menjadi manager di kantor animasi, sebagian menjadi ilustrator animasi dan sebagian menjadi seiyuu (pengisi suara). Disaat mereka berkumpul, mereka mengingat masa-masa SMA, dan disanalah mereka mengucapkan kata “don don donuts! dondon ikoo~” (ya mereka berkumpul sambil makan donat kesayangan mereka) dan arti dari kata tersebut yaitu, “ayoo kita tidak akan menyerah, kita akan berusaha“.

Nah dari situlah gw kepikir untuk bikin website dengan nama “DonDon J-Shop” ๐Ÿ™‚

Oke segitu aja sedikit cerita dari gw, semoga dari cerita ini lu jadi punya semangat untuk membuat sesuatu yang ‘mungkin’ dibilang gak mungkin menjadi nyata ๐Ÿ™‚

Tetap semangat, terus berjuang dan pantang menyerah!
Usaha keras itu tak akan menghianati~~ *sfx Shonichi JKT48*

Nah dibawah ini ada updatean nih untuk artikel ini: ๐Ÿ˜

Per Januari 2022, sesuai info diatas bahwa DonDon J-Shop yang awalnya memakai domain website dondonshop.tokyo, sekarang telah berganti nama menjadi Dondon Haru Japan dengan domain dondonharu.jp dan dibawah naungan perusahaan PT Dondon Ookiku Naru (kalau di artiin ke Bahasa Indonesia, lucu siih.. “semakin besar dan terus besar” ahahaha ๐Ÿคฃ)

Jadi Dondon Haru Japan itu sebenernya gabungan dari 2 brand yaitu DonDon J-Shop yang gw miliki & Haru Japan yang teman gw miliki (shoutout to my partner Fawwazil Bahir yang blognya fawwazilbahir.com ๐Ÿ˜). Awalnya 2 brand ini itu kontennya sama, DonDon J-Shop itu lebih fokus ke Online Website dan cuitan ke Twitter & Instagram tanpa ada pemasaran di e-commerce lain dan Haru Japan ini dia pasarnya lewat e-commerce dan facebook gitu tapi gak punya website..

Nah saat akhir tahun 2021, kita berdua kepikiran untuk gabungin 2 brand ini biar jadi 1 wadah dan gak ada “berantem” pasarnya, ditambah partner gw ini juga orang Land Tour Jepang, makanya unit bisnis di Dondon Haru Japan ada Online Shop & Travel Agent, dan jadilah gw ngomong ke temen gw “bikin PT yuk, tapi lu aja direkturnya, gw komisarisnya, udah kebanyakan PT yang gw handle | GAS“. Daan jadi deh di Januari 2022 lahirlah PT Dondon Ookiku Naru dengan 2 unit bisnis utama Online Shop & Travel Agent.. dan rencana lainnya mau bikin Online Course Jejepangan gitu~ (doain yaaaa).

Dah gitu aja cerita merger 2 brandnya.. karena saling percaya dan kita bagi tugas, jadi jalan deh.. sampai Dondon Haru Japan juga sudah terdaftar sebagai PSE Kominfo dan Travel Agent resmi dari Kedubes Jepang Indonesia ๐Ÿ˜‰

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Check Also
Close
Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger