Celoteh

[Celoteh] Blog dan Website, Bedanya apa?

Gambar: Google

Bukannya sama aja? Kan sama-sama buka di browser, sama-sama ada artikelnya, dll“. Yaaa.. gak salah sih, sebenernya sih simple aja gini, dijaman sekarang ini kan lagi masa-masanya “Youtube” kaaan.. di YouTube itu banyak banget kontennya, banyak video mulai dari konten yang bahas pendidikan, review, tutorial, celoteh gak jelas, absurd, dan huwaladalah.

Yaa, kalau udah ngomongin “Youtube”, itu pasti langsung kepikiran 1 kata.. yap “VLOG”, what is VLOG? yaitu singkatan dari Video Blog. Why not VSITE ?? Video Website? NAH LHOO !! Sama seperti pembahasan kali ini, apa sih bedanya Blog dan Website itu? Kalau gitu, mari kita ul- bahas.

  1. Dari dasarnya dulu, yaitu si Pemakai/Pengguna. Betul kan? Kalau gak ada yang pakai, ngapain bikin Blog atau Website. Pemakai atau pengguna untuk BLOG isinya itu ya keseharian si pengguna, ibaratnya jaman dulu itu “Buku Diary”, karena kita sudah hidup di jaman modern dan pengen juga kali ya sedikit eksis, jadi kita tulis “Diary” kita di dunia maya dan jadilah BLOG (bisa dibilang Diary Online). Kalau Website, dimiliki oleh beberapa orang, biasanya dipergunakan untuk instansi. Begitu cooy.
  2. Sehabis ada yang bikin, kita masuk ke Tujuan dan Kontennya, jelas dong kalau udah ada yang bikin, trus gunanya buat apa? Kalau BLOG, ya mungkin hanya sekedar sharing dari 1 atau 2 orang ke banyak orang yang ada di dunia maya (ibarat dunia asli itu seorang Entertainer yang menginfluence banyak orang). Kalau Website, ya sebagai medianya, sebagai tempat bagi para Entertainer, atau bisa juga sebagai media untuk memberi informasi kepada masyarakat selain dari TV, Radio FM dan media cetak. Sampai sini ngerti?
  3. Sehabis tujuan dan konten, pasti kita lihat Tampilannya. BLOG dan Website biasanya punya tampilan yang PASTI beda. BLOG, karena yang handle cuma 1 atau 2 orang (pokoknya gak banyak lah) pasti gak mau yang ribet-ribet, karena para Blogger hanya ingin membagikan konten/artikelnya saja untuk para pengunjungnya, jadi tampilan yang minimalis biasanya sering dipakai oleh Blogger. Lain cerita sama Website, website yang handle itu banyak dan bahkan 1 website bisa diisi oleh beberapa orang tim. Ada bagian konten artikel, ada bagian server dan database, ada bagian desain website, dan lainnya. Dan karena website sering dipakai oleh instansi pasti juga memikirkan tampilannya dan dibikin semenarik mungkin agar enak dipandang, ya pokoknya karena 1 Website dikerjakan oleh beberapa orang tim, pasti tampilannya juga terlihat Profesional dong~.
  4. Dari semua itu, pasti kita mikirin Biayanya. Berapa sih biaya untuk ngebangun BLOG atau Website? Gampang sih, BLOG itu bisa GRATIS, kok bisa? (wait, gak gratis juga sih.. ibarat buku diary, pasti lu harus beli kertasnya dulu atau polpennya dulu buat nulis, ya kalo ini kita beli kuotanya.. ahaha :D), ya gratis karena sudah ada platform (atau bahasa Indonesia wadah), eh betul gak ya? Ya pokoknya udah ada basisnya untuk membuat blog, semacam kaya blogspot.com atau wordpress.com atau Wixx Blog, dan platform blog lainnya. Karena Blog ada yang gratis, ya pastinya pihak platform juga mau ada timbal baliknya dong, contohnya ya dengan memakai subdomain (namalo.blogspot.com) dan ada tulisan “Powered by: Blogspot”. Nah kalau Website, pastinya Website itu berbayar? bayar darimananya? Kita harus beli nama domain (com, net, org, dan lainnya), beli tempat untuk ngebangun sebuah website (Hosting/Server), belum biaya Maintenancenya. Pokoknya Website itu ada di tangan lu, lu yang punya, lu yang atur semuanya.
  5. Terakhir yang ngebedainnya adalah Performanya. BLOG biasanya lebih cepet buat diakses karena tampilannya yang simple dan juga letak server yang dipakai karena pihak platform pasti mikirin untuk sang blogger agar server yang dia punya cepat diakses. Sementara Website bisa sama cepat dengan blog atau bahkan lama. Lama karena tampilan loadingnya karena terlalu banyak konten termasuk gambar, script Iklan, background dan letak lokasi server yang programmer pakai.

Itu dia 5 pembahasan yang membedakan Blog dan Website. Simplenya lagi gini deh, BLOG itu Kost-kostan, Website itu Rumah lu. Ibarat kost-kostan, lu tinggal pakai dan isi kamar lu, sama seperti blog, lu tinggal pakai kamar itu dengan tampilan yang sudah mereka kasih ke blogger dan isi artikel lu. Sementara Website itu Rumah Sendiri, lu harus beli tanah (Server), ini rumah punya siapa terdaftar di pemerintah (Domain), Biaya tukang (Maintenance), dan macamnya supaya lu bisa bikin rumah yang bagus.

Tanya-Jawab:

Nah, kalau ini yang lu punya pradjadj.com, itu Blog atau Website ja?” Gw nyebutnya ini sebagai Blog, tapi dengan kualitas yang prima. Hhmm.., jadi ibaratnya KONTRAKAN.

Lah kok gitu, gimana gimana, gagal paham gw“. Kost-kostan itu kan cuma bayar sewa aja kan (ibarat blog pasti ada fitur premiumnya)? nah kalau gw kontrakan, sistem kontrakan kaya gimana? sewa iya, terdaftar dengan nama pribadi iya, atur sendiri iya.

Jadi gw beli domain .com sendiri, sewa server sendiri, ngebangun website sendiri, design tampilan sendiri, maintenance/perbaikan sendiri, mirip kaya Website, tapi dengan isi kontennya BLOG. Seperti ituuu~ 🙂

Dah ah segitu aja celotehan kali ini, masih bingung? yaudah silahkan tanya dan curcol tentang artikel ini di kolom komentar yaa~

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Back to top button
Advertisment ad adsense adlogger