Celoteh

[Celoteh] Saat Orang Nanya “Lu ngapain sih ___ gitu?”

“lu ngapain sih bikin gituan?” “lu ngapain sih suka kaya gitu?” “lu ngapain sih ngerjain ‘yang gak jelas’ gitu?” dan pertanyaan ngapa-ngapain lainnya 😅

OKE.. gw (bisa dibilang) sering dapet omongan “lu ngapain sih bikin kaya gitu? emang gk ada waktu/hal lain?” dan pertanyaan balik dari gw “terus, hal lain apa yang lu maksud? kalau hal lain yang gw maksud adalah hal yang gw lakuin itu” (paham? gak paham, mikir dan cerna ulang). Mungkin pertanyaan/kelihatan oleh orang tentang “hal apa yang saya lakuin” adalah hal aneh yang dipikirkan oleh orang lain, tapi percayalah bahwa hal aneh yang dipikirkan orang lain itu adalah hal yang akan dipakai dimasa mendatang, dan gw percaya akan hal itu.

Misalnya apa? 1 contoh pertanyaan (yang diambil dari hobi gw) “lu ngapain sih ngeluarin hal buat yang gak jelas gitu? emang gk ada hal lain buat uang yang lu keluarin? misal beli sesuatu atau makanan gitu?” (misal, dia nunjukin karena gw ngeluarin uang untuk hobi “aneh” yang gw suka misal beli server dan bikin website buat gw pribadi serta minta bikinin gambar ke orang lain padahal dipikirannya dia, itu gak akan guna sama sekali).

Yaap.. ada bahkan bisa dibilang banyak orang-orang yang mikir gitu ke gw. Dan jawaban gw adalah :

Karena dari apa yang akan gw lakuin sekarang inilah yang gw sebut dengan “investasi”, yaa investasi itu banyak tipe/macamnya, investasi duit, investasi barang dan lainnya. Gw menginvestasikan duit gw dalam hal seperti itu dengan cara membuang “uang dan waktu” gw, misalnya gw beli server dan bangun website sesuai hobi gw sendiri otomatis gw harus maintenance, merancang, mendesign dan lainnya agar sebuah website itu bisa berdiri dengan tangan gw sendiri, dan lainnya yaitu, gw minta bikinin gambar ke orang lain untuk bahan promosi gw untuk bisnis yang gw bangun. Dan itulah yang disebut investasi uang dan waktu.

eeh tapi kan lu ambil untungnya darimana kalau lu rugi terus?” – NAAH inilah persepsi orang yang salah tentang investasi selain saham. Investasi “uang dan waktu” yang gw jalanin bukan untuk jangka cepat, tapi jangka lama. Maksudnya, sembari gw mengeluarkan uang dan waktu gw yang terbuang karena sering begadang (untuk website-website gw dan ide juga) dilain sisi gw juga belajar management bisnis, promosi, keuangan, pembelian dan lainnya. Dan karena gw membuang waktu gw malam-malam (karena dilain sisi, gw juga tergolong budak korporat) gw jadi dapat pelajar tambahan, yaaaa misal kaya gw suka dibidang teknologi, ooohh gw dapet pembelajaran lagi akibat Maintenance yang gw lakuin.

Apakah menonton film asing sama dengan investasi?” Kalau gw jawab, 50% YA.. kenapa? karena itu semua tergantung NIAT LO. Apakah lo nonton film itu untuk kesenangan aja, atau termasuk belajar? Orang nyebut gw “wibu/otaku/dan bangsa lainnya” karena gw nonton banyak anime karena bukan cuma kesenangan, dilain sisinya gw juga belajar bahasa dari film yang gw tonton, yaitu Jepang. Gw gak sekolah Bahasa Jepang, hanya orang yang suka konten Jejepangan dari kecil, makanya karena dari suka itu gw mau belajar meskipun otodidak.

Semua ilmu pekerjaan yang gw lakuin 90% otodidak, iya gw berani ngomong 90% otodidak, karena semua apa yang gw bisa gw lakuin secara sendiri tanpa diajarkan sama orang lain, 10% yaa diajarin online dan offline (pendidikan).

Dan gw punya pemikiran yang bisa dibilang maunya sendiri atau rakus dalam segala bidang, selagi gw bisa ngerjain hal yang gw mau/suka, gw akan lakuin itu sampai lupa waktu dan gw iri terhadap hobi orang. Orang itu bisa bikin website? gw juga mau bisa. Orang itu bisa design/fotografi/bikin musik/bikin video/bikin ini-itu, gw juga kepengen bisa juga (kecuali kebisaan yang menyangkut fisik karena gw lemah fisik 😗).

Dan gw percaya hobi (gitu lah yang gw sebut) yang gw lakuin dan dipikirin sama orang “eeeh, lu ngapain sih begitu, gak ada hal lain apa?” itu akan ngebantu gw dimasa mendatang dan dilain sisi menambah jam terbang gw untuk menunjukan diri gw kalau gw bisa ini dan itu.

Rakus amat gw 🤦‍♂️

Tambahan, yuuuk apa hobi lo dan kembangin hobi/minat lo, jangan berhenti karena lo gak bisa dan menyerah, adakalahnya menyerah, tapi hanya untuk istirahat dan nenangin pikiran. Yang namanya hobi, uang yang kita punya akan jadi diurutan belakang karena “persetan dengan duit yang penting hobi gw tercapai” 😁


Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.


Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger