[Tips & Trik] Dapet Duit dari Ngeblog

0

Image: Google

Siapa bilang gak bisa? Banyak kok di Indonesia ini yang ngehasilin duit dari blog yang dia punya. Caranya gimana?

Sebelum masuk kecaranya, gw cuma mau ingetin nih.. yaitu, jangan jadikan blog lu untuk jadi kerjaan utama, jangan jadikan blog lu sebagai hasil pencarian uang, tapi jadikanlah blog lu itu isi dengan artikel yang lu suka dan pantas untuk di share. Gapapa isi blog lu curhatan, food blogging, jual-beli, review, dan lain-lain. Yang penting intinya apa yang ingin lu bagiin melalui tulisan lu yang bisa dibilang panjang lebih dari 160 karakter di sosial media.

Daripada lu berbacot-bacotan ria di sosial media, lu bikin status banyak-banyak (yang ada lu dikatain alay) tapi mending bikin bacotan lu itu yang panjang di blog lu itu. Dan dari blog lu itu siapa tau ada brand/iklan yang merilik blog lu kan ūüôā

Okay, ada beberapa cara buat lu yang mau dapet penghasilan dari blog yang lu punya. Yaitu:

  1. Monetize blog lu ke provider adsense.
    • Cara pertama yaitu pasang banner iklan, contohnya aja Adsense by Google, PropellerAds, dan lain-lain. Ini adalah cara yang sering dipakai oleh para blogger untuk mencari serpihan uang dari blog, karena Provider akan ngebayar iklan yang udah lu pasang di blog dengan impressions¬†dari blog lu sendiri.
    • Selanjutnya yaitu, Pay Per Click, Pay Per Visit, dll. Yang paling gampang sih yaitu Pay Per Click, kenapa? Dari namanya aja udah jelas ya, kamu akan dibayar sekali klik oleh provider adsense.¬†Disingkat PPC, PPC ini banyak banget providernya contohnya kaya yang paling terkenal yaitu adfly. Oh ya, selain PPC link shortener, juga ada PPC link downloader, setiap ada orang yang ingin download file yang lu upload, lu juga bisa dapat duit dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku di provider iklan tersebut.
    • Selain PPC, juga ada¬†Pay Per Visit,¬†atau yang lebih dikenal “Pop Adsense”. Nah cara ini adalah cara lainnya (kalo gw bilang, cara kotor lah) selain PPC. Ada enaknya, ada engga enaknya, enaknya itu ya lu cepet dapet duit dari pengunjung visitor lu yang udah banyak, gak enaknya ya kalau ada yang pasang Adblocker, lu gak bakal dapet duit dari provider lu karena iklan yang ada di blok oleh plugin browser tersebut.
    • Afiliasi, Apa sih afiliasi itu? Bisa dibilang MLM, hhm.. ya, jadi lu ngajak orang untuk memakai provider mereka dan dari link afiliasi yang lu punya lu akan dapat duit KALAU orang itu klik dan daftar lewat link yang lu kasih, lu bakal dapet persenan dari sang provider kalau orang/akun yang lu ajak itu telah aktif dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari sang provider.
  2. Sewa penempatan ruang iklan.
    Nah biasanya ini dibilang Paid Sponsor, udah beda sama yang namanya Monetize. Kalau ini biasanya dipakai kalau blog lu udah se megah blog-blog yang sering dikunjungi, macam blog download software, dll. Harganya pun lu yang kasih sendiri dan biasanya ini pembayaran setiap bulannya tanpa ada pihak ke-3 (hanya lu dan dia) *halah.
    Oh ya, selain sewa tempat untuk taruh gambar di sidebar lu yang berupa gambar, lu juga bisa sewa penempatan artikel. Ngerti kan yaa~ ūüôā
  3. Jual apa yang lu suka.
    Tapi jangan jual yang macel-macem ya, misalnya lu bikin barang-barang kerajinan atau lu punya keahlian, misalnya bisa gambar, naah disitu lu bisa bikin komisi untuk nge-gambar, atau lu jago dengan audio editing? lu juga bisa bikin komisi atau bikin musik. Pokoknya jual produk atau keahlian lu itu deh.
  4. Kunci Konten yang bisa dibilang “berharga”¬†bagi lu dan untuk pengunjung.
    Ngerti maksudnya? ngerti lah~. Ya ibarat forum, kan ada tuh restricted content, hanya boleh dibuka oleh Premium Member. Nah disitu lu juga bisa dapat uang dengan mengunci konten hanya untuk member premium.
  5. BUKA DONASI
    Cara ini adalah cara terakhir. Ya, fungsinya *lu tau lah, gak usah panjang lebar*. TAPI untuk DONASI ini, lu jangan memaksa para pengunjung lu ya, namanya juga Donasi, masa dipaksa.. ahahaha ūüėÄ

OKE, itu dia cara-cara¬†gimana lu bisa menghasilkan uang dari blog lu, gampang kan? gampang laahh~ Punya pertanyaan, silahkan komen dibawah ūüôā

About Author

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave A Reply