[Celoteh] “Indonesia Makin-makin”

0

Hutang Indonesia Makin Banyak“, “Rakyat Makin Miskin“, “Harga Pangan Makin Naik“, “Harga Bensin Makin Mahal“, “Lapangan Pekerjaan Makin Susah” – that’s what says some netijen or politician in Indonesia

dan gw bilang

“MASA SIH” ??

*Disclaimer : ini hanya pandangan pribadi dari hasil kerja pemerintahan dibawah Presiden Indonesia ke-7 (Bpk. Joko Widodo) dari tahun 2014 – Mei 2018.*
*Gw bukan pengamat politik atau orang yang ahli politik, tapi disini gw berpikir logis sebagai masyarakat Indonesia untuk negara gw sendiri*
*And this article is special for Indonesian people*

Mari tinjau dari statement yang dikeluarkan sama orang yang bilang kaya gitu.

1. Hutang Indonesia makin banyak.

Kalau diliat dari hasil nominal sebelumnya, YA.. hutang Indonesia makin banyak, tapi kalau dilihat dari rasio hutang dari negara lain, INDONESIA masih dalam ambang batas aman. Dan liat, Indonesia berhutang itu duitnya dipakai buat apa? Kalau bukan buat warga negara Indonesia ngapain nambah hutang? pake pajak negara aja kalo mau di “mainin” duitnya. Kalo gw liat, Indonesia nambah hutang karena bikin infrastruktur, masa iya Indonesia mau kalah infrastrukturnya dari negara lain, ntar lu nyalahin pemerintah lagi karena “ini kok infrastruktur di Indonesia kudet banget sih atau telat banget sih, kenapa gak dari dulu sih, gimana sih ini pemerintahnya, blablablablabla” rasanya gw pengen bilang gini.. “TAIK LU”, lu kata bikin infrastruktur di Indonesia murah cuma puluhan-ratusan juta, Triliyunan cooooyyy.. Indonesia duit dari mana kalo gak nyari investor atau minjem duit dari negara lain. Kalo Indonesia banyak duit, gak perlu nyari investor atau cari hutangan laah :v

Coba kita throwback pemerintahan sebelumnya siapa yang berani bikin infrastruktur gede-gedean? (setelah Pak Soeharto) apa pemerintahan sebelumnya cuma masih mikir-mikir, impi-impian, atau mungkin rencana-rencanaan doang??? LAKUIN, KERJAIN MESKIPUN ITU DENGAN NGEMIS KE NEGARA LAIN BUAT MINTA INVEST ATAU HUTANG !! Hutang juga dipakai buat negara, bukan buat “pemerintahan pribadi” dan ini untuk jangka panjangnya juga kok berhutang.

2. Rakyat makin miskin.

Katanya “melihat negara yang sukses atau tidaknya itu dilihat dari rakyatnya” ya BETUL.. tapi lu liat dan mikir sendiri dari rakyat Indonesia kaya gimana? pemikirannya sebagian rakyat Indonesia kaya gimana? Hoax aja dimakan mentah-mentah, di sebar-sebar, yang bikin kelihatan “miskin” dari negara Indonesia ya karena rakyatnya sendiri, OTAKNYA PADA MISKIN. Kalau ngomongin secara materil atau keuangan, gw rasa sekarang rakyat Indonesia tingkat kemiskinannya bener-bener turun jauh dari sebelum-sebelumnya, dan kalau ngomongin rakyat Indonesia miskin duit, ya jadilah orang PINTAR dan KERJA !! jangan jadi orang yang “pinter”, –pinter ngerjain orang dan pinter bohongin orang-.  Nih, kalau negara ini ngikutin apa maunya rakyat terus, gak bakal ada habisnya cooyy kalo otak lu masih pada mampet.

Ibaratnya negara bayarin lu hidup terus-terusan kalau gak ada manfaatnya, NGAPAIN.. kalau gitu NGAPAIN LU HIDUP dari HASIL DIBIYAYAIN terus-terusan TANPA ada MANFAATNYA saat lu HIDUP. Kalo cuma makan-berak-makan-berak, mati aja sana lu. IYA,, subsidi itu perlu, makanya dibikin contohnya kaya lembaga kesehatan BPJS dan sekolah gratis bagi masyarakat kurang mampu, tapi APA iya harus gratis terus-terusan?? gw rasa gak, kalau udah dibiyayain terus-terusan tanpa ada timbal baliknya buat negara ini. *menang banyak lu kalo kaya gitu, kampret*

Liat negara lain, kejar infrastruktur demi kedepannya, kedepannya gimana? ya liat sekarang ini, jadi gak miskin, karena apa? karena dulu mereka udah bangun infrastruktur duluan agar tidak jadi kemiskinan di kemudian harinya. THINK SMART!

3. Harga pangan naik.

Kalau ini, mungkin gw gak akan komentar banyak karena ini masalah penjualan dari petani ke penjual, mungkin disini ada “pemain” yang menaikan harga demi dapat untung banyak, padahal si penjual mendapat harga yang murah dari petani (mungkin bisa dibilang gitu). Nah disini para petani atau pemerintah juga gak bisa disalahkan, karena penjualan itu dilihat dari faktor kurs luar negeri juga dan karena IMPORNYA yang lebih BANYAK ketimbang EXPORNYA. Alasan lainnya karena harga pangan naik bisa dari Iklim yang sekarang susah untuk ditebak dan ketika faktor distribusi ke seluruh Indonesia yang butuh BENSIN dan belum lagi ada mafia yang bermain -_-

Dan ngomongin masalah “pemain”, disini pemerintah harus tegas buat berantas hal itu. Gw rasa itu gak perlu dikasih tau lagi sih, ya cuma hanya sekedar mengingatkan aja buat staff pemerintahan yang mungkin lupa dengan tugasnya untuk melayani masyarakat. 🙂

4. Harga bensin makin mahal.

Alasannya? karena adanya infrastruktur. Lho kok? YAA.. INDONESIA butuh duit, jadi jalan satu-satunya yaitu dari pajak untuk negara dan karena di Indonesia ini BBM masih dipegang penyalur yaitu Pertamina dan bukan di handle sama Pemerintah (seperti negara lain, contohnya Amerika dan Malaysia). Dan karena perusahaan yang handle, otomatis ada PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor). Makanya, selagi Indonesia masih bebenah Infrastrukturnya, otomatis harga bensin masih bisa diotak/atik karena Indonesia butuh duit !! Dan gw rasa ini ide bagus buat dihilangin subsidi BBM mengingat Indonesia yang lagi butuh duit untuk infrastruktur. Ingat, SEMUA INFRASTRUKTUR DEMI MASYARAKAT INDONESIA kedepannya, ingat semboyan “bersusah-susah/bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian?” ya ini sekarang yang lagi dirasakan sama Indonesia. Negara lain bisa “senang” karena dulu mereka udah “susah”, karena mereka sebelum jadi negara maju, ya udah ngerasain jadi negara berkembang layaknya Indonesia.

5. Lapangan pekerjaan makin susah.

MASA SIIIIHH ???? Kalau buat elu orang yang baru lulus dan lu bilang nyari kerja susah dan lu langsung bikin statement “kok nyari kerja susah ya“, YA ELU BEGO.. bukan lu doang sih yang BEGO, perkantoran di Indonesia juga masih BEGO sebagian karena mencari pegawai baru yang masih melihat dari nilai pelajaran bukan nilai yang dipunya dari diri manusia. GUE udah ngerasain itu sebelum gw menjabat sebagai petinggi disebuah perusahaan *ehm sombong ceritanya*, dan gw juga pernah berucap *sampe sekarang pun juga*, yhaa nyari kerjaan susah. TAPI.. karena perkantoran yang sebagian BEGO ini masih melihat seseorang dari nilai pelajaran, jadilah ORANG YANG PINTAR saat menempuh dunia pendidikan biar dapat nilai yang bagus, kalau lu udah punya skill dan nilai lu pas-pasan, tawarkan ke perusahaan itu skill yang lu punya jangan langsung bikin statement kaya begitu. Atau kalau lu susah nyari kerjaan, ya bangun kerjaan buat lu sendiri.

APA???? lu mikirnya udah telat buat bikin kerjaan sendiri buat ngehasilin duit sendiri?? GAK ADA KATA TELAT, DICOBA DULU, kalau gagal COBA LAGI.. JANGAN JADI ORANG PENGECUT dan MENTAL INDOMIE yang maunya INSTANT !!! GOBLOK LU

Trus gimana kalau dilihat dari sisi buat orang yang sudah lama menempuh pendidikan dulunya dan sampai sekarang belum punya kerjaan (maksudnya buat orang tua yang tidak bekerja), balik lagi ke poin 1 diatas, dengan adanya pembangunan infrastruktur, jadi membuka lapangan pekerjaan lho! NAAH KAN. Contohnya kita lihat infrastruktur di Papua, lihat masyarakat disana jadi ada pekerjaan untuk membangun infrastruktur negara dan dibayar sama pemerintah. Lihat juga di Jawa Barat yang ngebangun bandara International, lihat juga infrastruktur di Kalimantan, jadi banyak kan lapangan pekerjaan gara-gara infrastruktur dan hutang itu.

Oke, jadi gini.. Ibaratnya lu ngebangun bisnis/perusahaan sendiri tapi gak ada duit, caranya gimana buat jalanin bisnis lu itu? ya caranya NGUTANG laah! Dan kedepannya kalau udah sukses, balikin duitnya, pikiran untuk ngambil untung banyak di bisnis itu hilangin dulu sebelum hutang kita benar-benar lunas. THINK SMART AGAIN!

Jadi, dari 5 poin diatas, gimana menurut lu pemerintahan di Indonesia dibawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo?

Gak ada dukung-dukungan disini, tapi gw hanya melihat fakta dan kenyataan yang ada. Kalau ada yang salah dengan artikel ini, silahkan komentar dibawah, khusus untuk artikel ini, gw perbolehkan komentar dengan kata-kata explicit dengan batas wajar dan tidak merendahkan martabat orang lain, tapi beri komentar untuk merubah pemikiriran menjadi lebih baik. Karena sebagian orang susah buat berubah sebelum dikerasin.

じゃ!


Related Article

About Author

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

*NB: Laporan tanpa screenshot akan diabaikan. / Report without screenshot will be declined


Leave A Reply (* required)

Enter Captcha Here : *

Reload Image  (jpg, gif, png, max file size: 1MB)

Advertisment ad adsense adlogger