CelotehTips & Trik

[Celoteh] Download dari IDM, udah selesai downloadnya, tapi kok lama ya prosesnya, terus ngelag lagi?

Disclaimer: Sebenarnya, artikel ini sudah dibahas di artikel sebelumnya yaitu “Kok Data System Gw Penuh? Padahal Cuma Itu-itu aja Softwarenya. Kenapa ya?”  (disarankan untuk baca artikel itu terlebih dahulu sebelum lanjut membaca ini), tapi karena sebagian pengunjung blog gw malas baca, sampai akhir (padahal disitu udah ditulis), jadi ya gw bikin artikel ini lagi, tapi secara terperinci (dengan gambar) hehehe 🙂

“BACA ARTIKEL INI DENGAN SEKSAMA KALAU MAU BENERAN NGERTI, BUKAN CUMA ASAL NGERTI DAN GANTI INI ITU AJA”

Mungkin kalian pernah kalo download file dari IDM itu proses rebuildingnya lama, biasanya downloadnya udah main GBan entah 1GB, dll. Sebenarnya, itu disebabkan karena 1 faktor, yaitu Hardisk kamu. Langsung aja kita panjang lebar buat bahas ini oke!

Buat yang pakai 1 hardisk di PC/Laptop, otomatis hardisk itu dibagi dua fungsinya yaitu Partisi 1 untuk OS (Local Disk C) dan partisi 2 untuk Data (Local Disk D). Gw selalu bilang sama temen-temen gw, “jangan simpen file di data C ya, soalnya data C khusus untuk program-program macam software Office aja, kalau mau taruh musik, video, gambar, taruh di data D“. Kenapa gw bilang gitu? sebenernya alasannya simple, yaitu supaya kalau OS kita rusak, trus mau di restart/restore/install ulang deh, jadi kita gak perlu backup ke tempat lain, karena file penting itu udah di taruh di tempat lain (yang gak nyatu sama sistemnya) dan supaya partisi OS gak penuh sama file-file berat yang kita download dari Internet, karena kalau partisi sistem penuh, otomatis lu pasti bakal ngomong “duh, ini PC/Laptop gw lemot amat nyalanya, padahal udah di restart!!” yaitu karena PC/Laptop lu datanya banyak di partisi sistemnya, salahin diri lu pribadi yak :v

Nah di artikel ini, gw bakal ngasih tau sedikit hal supaya ngurangin beban partisi sistem di OS lu yaitu salah satunya dengan ganti folder Temporary untuk IDM. Karena defaultnya, IDM itu menaruh semua sistemnya mulai dari sistem inti softwarenya dan temporarynya di Data C, apa sih folder Temporary directory di IDM itu? Fungsinya adalah untuk menaruh hasil pecahan download (downloaded part) dari IDM sebelum berubah atau digabung part itu ke file fisik. (baca pengertian lebih lanjutnya di artikel sebelumnya)

NAH! ada cara biar folder Temporary itu gak ganggu OS lu saat sedang proses, yaitu dengan cara: (klik gambar untuk ukuran penuh)

    1. Bikin Folder APPDATA di partisi lain atau Local Disk D, terus bikin folder IDM di dalam folder APPDATA
      *maap ada folder yg blur, soalnya itu folder enaena kantor*


    2. Buka aplikasi IDM, terus ke menu Options, nanti kebuka jendela baru, lalu arahkan ke Tab/Kolom bernama “Save to
    3. Ganti Temporary directory di kolom paling bawah menuju ke hatimu folder yang udah kita bikin di nomor 1
    4. Jika sudah semua klik tombol OK dan perhatikan bahwa Temporary directory sudah berganti dari folder sebelumnya.
    5. Terakhir, Exit IDMnya (Exit program IDM dari Task > Exit, bukan pencet tombol Close atau X)

 

Dan kalau semua cara diatas udah dilakuin, coba download ulang file yang berat, biasanya kalau pas lagi rebuilding, PC/Laptop kamu gak akan ngelag karena proses dari IDM gak nyenggol sistem OSnya dan artinya data Temporary dari IDM udah pindah ke partisi lain. DAN kalau masih ngelag atau gagal juga, bersihin PC/Laptop mu pakai soklin CCleaner buat ngebantu bersih-bersihnya.

Kalau masih gagal juga dan ternyata masih ngelag juga! Beli HDD baru, yg satu khusus OS, yang satu khusus Data 🙂 Punya pertanyaan? Silahkan komentar dibawah.

jangan lupa buat laik, komen, en supskraip

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

2 Comments

  1. Terimakasih bang atas bantuannya,
    sekarang aku ngerti kenapa setiap rebuilding file yang berukuran besar selalu aplikasi nya terganggu dan nge lag.
    padahal di task manager ndak terdapat kegiatan yang makan RAM banyak.
    dan yang terakhir apakah hal itu dapat pula mengatasi masalah rebuilding yang lama?
    apakah jumlah koneksi IDM juga mempengaruhi durasi rebuilding nya?

    1. senang bisa membantu~ 🙂

      dijawab:

      1. semakin gede ukuran file yang di download, makin berat IDM untuk Rebuildingnya kalau file Temporary IDM berada di Local Disk C (yg disebut di artikel) karena itu ngaruh ke semua sistem OS yang lagi jalan.
      2. koneksi internet gak ada hubungannya ke IDM kalau proses Rebuilding sedang berjalan.



*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

code

Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger