Celoteh

[Celoteh] Udah gede mau jadi apa? – “Blogger” (part 2)

SEBELUM BACA ARTIKEL INI, SILAHKAN BACA PART 1NYA DISINI

Beriring jalannya waktu, di bulan Februari 2013 , DAN AKHIRNYA gw bangun blog dengan domain profesional, yap domain ini (www.pradjadj.com), disitu gw bikin artikel yang udah pernah gw kerjain, atau bikin artikel-artikel gak jelas. Dan ini adalah cikal bakal blog gw ini “Pradja DJ BLOG“.

wah, berapa lu ja dulu beli domain .com?” – gak ngeluarin duit sama sekali, gw dapet domain .com Rp. 0 untuk 1 tahun pertama *henak kan~* 😀

KOK BISA!! Ya, waktu itu ada website luar negeri yang bagi-bagi domain .com/.net/.org/.info gratis untuk 1 tahun pertama TANPA SYARAT APAPUN. Dan dari situ gw langsung bikin domain pradjadj.com.

Nah, udah beli domain nih gw, tapi gw cuma punya domain doang plus blogspot waktu itu, nah dari situ gw arahin domain gw ke blogspot. Beberapa bulan kemudian, gw ngeliat ada website dengan tampilan berbeda tapi pakai 1 domain yang sama namanya subdomain xxx.namadomain.com, dari situ gw kepikir, cara bikinnya gimana ya? dan gw juga liat ada email dengan nama domain selain dari Google, Yahoo dan penyedia email lainnya (pake domain sendiri). Terus selain 2 hal itu, gw juga pengen kaya orang lain yaitu coba-coba bikin scripting sendiri, tapi gimana caranya dengan domain gw ini? hhmm.. gw cari-cari di Google, ternyata harus pakai hosting/server, gak bisa domain aja.

OKE.. karena gw gak punya duit, jadi gw mencari sesuatu yang gratisan. YA, HOSTING GRATIS !! wekawekawekawekaweka… (maksa njing tawanya). Saat gw udah dapet hosting gratisnya tinggal gw hubungin aja domain ke hosting dan WUALA.. hosting itu penyelamat blog gw, gw bisa bikin subdomain, gw bisa bikin custom email, gw bisa upload file script gw dan gw simpen di hosting. Dulu spesifikasi hosting gratis gw itu storagenya 1000MB dan Bandwidth 10000MB.

Berjalannya waktu (1 tahun setelahnya), gak terasa domain .com gw udah mau mati, dan gw masih belum punya duit waktu itu buat bayar domain .com, kalau gak salah harganya itu $14.99 USD deh (awal tahun 2014). Ujung-ujungnya balik lagi pake domain blogspot dan karena gw gak ada niat buat ngeblog, yaudahlah cuekin aja blognya dan gw beralih ke yang lain.

Lanjut lanjut terus, gw kepikiran buat berbisnis yaitu jualan domain & server (VPS). Karena gw *bisa dibilang* udah ada duit, yaudah gw mikir kan mau beli domain apa di bulan Agustus 2014 (karena domain .com nya waktu itu masih suspend gak dibayar-bayar, dan kalau mau pakai domain .com lagi harus tunggu 1 tahun setelah suspend), ya otomatis gw beli domain baru dan lahirlah “Pradja Media Network” untuk nama bisnis kecil-kecilan gw dengan domain www.pradjamedia.net dan ini juga cikal bakal blog gw lahir kembali dan gw namain “Pradja DJ (v2) BLOG“.

Eh iya, sebelum bikin blog pribadi, di domain .net gw itu, gw jualan domain, hosting, VPS dan jualan barang-barang langsung dari Jepang (Online Shop gitu). Status web domain .net gw waktu itu udah pakai server, gak kaya .com waktu itu pake hosting gratis, karena diliat di tahun 2013 website gw sering down karena kata pihak hosting gratisan akun untuk web gw itu kena “overload traffic” dan bikin hosting/server mereka jadi berkurang performanya.

Nah karena bingung gw jualan-jualan doang, akhirnya gw bikin blog dengan subdomain blog.pradjamedia.net (MANTABS GAN !!) dan setelah 2 tahun, gw pindah domain ke domain .id (untuk bantu pemerintah gitu menggalakkan 1000 domain .id), dan gw beli domain .id dengan nama pradjadj.id (harga domainnya Rp. 500.000 cuy !! Tapi gw waktu itu dapet promo khusus dari provider domain). 1 Tahun setelahnya, karena gak sanggup 500rb 1 tahun, beralihlah gw dan balik lagi ke domain .com yang sekarang ini di www.pradjadj.com 😀 (karena harga domainnya murah gak sampai 200rb)

Dan begitulah gw awal mula jadi blogger. Maaf ya kalau ceritanya singkat atau banyak di skip, gw juga agak lupa sih karena kebanyakan mikir *yang gak gak* :v Dan gw disini hanya menceritakan blog gw pribadi, bukan website gw yang lainnya ya, karena artikel ini ngomongin tentang “Blogger” (kalau ikut ngomongin website gw yang lainnya, bisa-bisa bikin buku gw ini) *amiin deh kalo kejadian beneran, lumayan buat nambah penghasilan* 😀

Ada pertanyaan? silahkan komentar dibawah 🙂

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

4 Comments



*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

code

Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger