Celoteh

[Celoteh] Apa Itu Hebat?

Sedikit bercerita dari seorang Introvert melalui sebuah tulisan di halaman blog

This article is for Indonesian only. Sorry for my visitor blog outside Indonesia. And if you understand Bahasa Indonesia and want to write in English version, please contact me via email.

Apa menurut lo arti dari HEBAT itu? Orang yang sukses? Orang yang bisa melakukan segala Hal? atau Orang yang punya banyak duit dan bisa beli segala hal yang dia mau kaya Att- Bang Hotman Paris?

Sebelum lanjut, artikel ini terinspirasi dari seorang Profesor atau Bapak Teknologi Indonesia atau Presiden Republik Indonesia ke-3 yang telah bepulang pada 11 September 2019, beliau adalah Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie), beliau termasuk salah satu anak bangsa ter-HEBAT yang Indonesia punya.

LANJUT, apa itu Hebat? Bukan bermaksud sombong (gak, duit gw sedikit dan pas-pasan buat hidup), gw pernah dan kadang sering dibilang sama orang lain mulai dari orang tua sendiri, guru sekolah/dosen dan teman-teman main/kerja gw bahwa gw itu orang hebat, they saidiiih, Pradja sekarang hebat ya, bisa bikin ini, itu“, “gilaa lu Ja, sekarang hebat banget, sukses banget sama yg lu kerjain dari dulu – sekarang, masih aktif aja” dan blablabla lainnya. Dan otomatis otak gw langsung merespon dong dengan pertanyaan ke diri sendiri “apa iya gw orang hebat? hebat dari mana? kayanya gw cuma jalanin apa yang gw suka deh? banyak kok orang yang hebat dari gw, emang gw hebat dari segi apa sih? menurut gw, gw cuma bisa ngerjainnya, ya kalo gak bisa, gw bakal coba sampai gw benar-benar bosen, sampai gw lupa waktu, tapi apa iya gw hebat?

Dari pertanyaan diri gw itu, gw me-rollback apa yang gw lakuin dari dulu sampai sekarang artikel ini dibuat di tanggal posting ini, dan muncul sebuah statement baru di diri gw yang mungkin bisa di-sharing ke lingkungan kecil gw “ooh, dari situ tooh orang lain melihat Hebatnya gw“.

Intinya apa sih? artikel ini (BELOM, belom selesai). Orang melihat seseorang itu Hebat tapi dia BELUM berpikir gimana dia bisa sehebat yang dia pikirkan ke orang itu. Apa dia tau orang yang dibilang Hebat itu pernah gagal? apa dia tau orang Hebat itu sering membantu orang lain? apa dia tau orang Hebat itu tidurnya hanya sebentar? apa dia tau orang Hebat itu lebih sering memikirkan pemikiran yang lain daripada yang dipikirkan banyak orang? apa dia tau orang Hebat itu mau mencoba kembali setelah dia gagal dan berapa kali dia gagal? apa dia taaauuu? orang Hebat itu banyak mencoba meskipun tau bahwa dirinya akan rugi besar/kehilangan sesuatu yang besar? apa dia tau, orang Hebat itu sering menghadapi kata-kata yang tidak enak (dia begini ya, dia sifatnya begitu ya)? apa dia tau orang Hebat itu selalu dapat kritikan pedas dan menerima kritikan itu dengan positif? apa dia tau orang Hebat itu banyak menghabiskan waktu sebelumnya yang dikira orang gak penting? apa dia tau orang Hebat itu banyak penasarannya?

APA KALIAN TAU ITU ???

YAAA… dan JUJUR, karena dari yang gw tulis dan tebalkan hurufnya itu, gw sering mendapatkan hal tersebut dan bahkan bisa setiap hari!! gw sering mendapatkan kata-kata yang tidak enak dari orang lain tentang sifat gw, gw sering dapat kritikan dari omongan dan pemikiran gw, gw tau gw akan rugi kalau gw mencoba sesuatu, gw tau gw menghabiskan waktu di malam hari sampai pagi untuk mencoba hal baru yang membuat gw pensaran sampai belum ketemu titik terang meskipun sedikit, gw juga jarang tidur enak kaya orang-orang lain, dirumah gw ngapain? dirumah gw kebanyakan kerja dan mengerjakan sesuatu yang (yaaa ituu) yang dikira banyak orang menghabis-habiskan waktu yang menurut dia gak penting padahal gw menghabiskan waktu untuk mencoba sesuatu hal baru dan ITU GAK SALAH, GUE CUEKIN AJA ORANG YANG BILANG, “jangan tidur malem terus, gak baik buat kesehatan“, IYA GUE TAU, tapi kalau ada rasa penasaran yang bisa bikin gue gak tidur gimana? dan jalan salah satunya supaya gw bisa tidur dan ngantuk yaitu, mengerjakan sesuatu supaya rasa pensaran gw hilang meskipun sedikit. Ngerti gak siiih lu, atau lu deeeh gini, lu punya rasa penasaran yang tinggi sampai lu gak bisa tidur, dan lu entah harus makan atau nonton TV atau main hape supaya lu bisa tidur kan? yaaa ituuu, ituu yang gw rasain, tapi dengan cara/hal yang berbeda dari yang lu lakuin, gw mengurangi rasa pensaran gw dengan salah satunya yang disebut sama orang ituuu “MENGHABISKAN WAKTU YANG DIKIRA ORANG GAK JELAS”.

Emang lu ngabisin waktunya gimana sih ja?” Contoh, nge-blog gini, efek dari salah satu ngeblog apa? bisa mempercepat pemikiran, bisa mempercepat lu mengetik juga. Hal lain yang gw lakuin, ngoding website, atau liat tutorial di Internet, gimana cara membuat ini, gimana cara membuat itu, terus langsung gw terapin. FYI, gw jarang mempertanyakan sesuatu ke seseorang selagi gw masih mau melakukannya sendiri sampai akhirnya gw beneran menyerah dan jalan terakhir tanya orang. Itu sifat kecil di diri gw yang gw terapkin sampai detik ini juga.

Dan kalau ada yang tanya ke gw, “lu kenapa sih ja bisa kaya gitu, bisa ngelakuin hal kaya gitu yang orang lain gak bisa, gw aja gak bisa lhoo” gw akan jawab dasarnya dulu “iya, sifat dan pemikiran orang emang beda-beda, tapi….” baru gw kasih sedikit motto ke diri dia “…. tapi kalau lu MAU dan punya NIAT dan RASA PENASARAN lu tinggi, kenapa gak lu coba sih? sedikit aja deh, gapapa ngehabisin waktu sedikit, atau rugi dikit, namanya juga mencoba, gak usah pikirin lu berhasil atau gak karena itu hasil akhir, tapi lu harus pikirin proses untuk mencapai hasil akhir itu bagaimana, itu yang dinamakan belajar. gagal? ya gapapaa, berhasil, berarti lu sukses mencapai rasa penasaran lu itu dan bisa mengerjakannya dengan baik

sebentar ja, lu bilang lu ada kerja dirumah sampai malem hari juga kerja juga, emang lu siang ngapain sih?” gini yaa gaaeess, gw pegawai, tapi gw juga punya usaha/bisnis sendiri, gw juga mencontoh dari orang-orang hebat yang bisa berpikiran out of the box, yaa.. gw dari pagi sampai sore kerja di kantor, kaya lu yang udah kerja biasa aja gitu.., tapi mungkin gw berbeda sedikit, orang lain pada istirahat, gw istirahat makan di depan laptop sambil ngerjain ini/itu laah, gw orangnya gak bisa diem, otak gw maunya mikir terus, dan tiba-tiba udah sore/malam, nah sampai dirumah, kerjaan kadang juga masih numpuk karena banyaknya kerjaan yang dari pagi-siang belum sempat gw kerjain atau ada meeting. Dan ada yang bilang juga “dirumah tempatnya buat istirahat, gak usah mikirin kerjaan” sorry to say untuk gw pribadi.. GAK BUAT GUE.. iya siih diumah tempat istirahat, TAPI ISTIRAHATIN PEMIKIRAN DAN BADAN HANYA SEBENTAR, kalau lu punya rasa penasaran tinggi dan pengen jadi kaya seseorang yang bisa melakukan sesuatu atau mau dibilang hebat, lakuin lah kaya yang udah gw tulis diatas.

MAU MELAKUKANNYA, MAU MENCOBA, NIAT dan PENASARAN. Niscaya kalau lu lakuin itu mulai dari sekarang, lu akan jadi seseorang yang HEBAT dikemudia hari dan itulah arti dari HEBAT menurut gw pribadi 😊

Apa salahnya sih kita investasi waktu untuk menjadi yang lebih baik untuk waktu kedepannya? Lu ngerti gak sih arti Investasi itu apa? Yaa itu, Investasi bisa dibilang “membuang / menanam” (pake tanda kutip) untuk mendapatkan hasil yang lebih dari kita “buang/tanam” itu, kalo gagal? yaa coba lagi atau coba hal yang lain, namanya juga menanam dan mencoba kan~

Udah aaah, pegel tangan 😁.. mungkin segini dulu, nanti kalau ada hal lain yang pengen gw sharing, yaaa akan ditambahin di artikel ini tentang “APA ITU HEBAT” lainnya.

Apa gw Hebat? jawaban gw, gw gak tau tuh… yang bisa menilai hebat seseorang itu yaa orang lain ke diri gw, dan maksud gw menulis artikel ini hanya merangkum dari omongan banyak orang yang masuk ke gw dan sharing pengalaman aja, karena gw rasa, kayanya enak kalau membagikan apa yang gw kerjain ke orang lain dalam konteks hal positifnya.

Banggalah kepada diri lu sendiri, dan banggalah dengan apa yang lu kerjain sekarang meskipun hasilnya sedikit. Ngebanggain diri sendiri itu gak salah kok karena itu bisa membuat diri lu lebih baik lagi. Bukan sombong yaa, tapi bangga dalam konteks lain yaitu, kasihlah diri/pemikiran diri anda itu hal yang positif bahwa “gue orang orang hebat kok, gw punya (ini) dan (itu) (sebutin aja di diri lu sendiri), dan buktinya gw bisa (ini) ada skill (ini) ketimbang orang lain, gw juga bisa tuh ngelakuin kaya dia dan gw juga harus bisa kalau gw gak bisa akan hal/sesuatu lainnya”

Yuk sharing juga dan apa sih HEBAT itu menurut kalian??

 

*Note : kalau anda engeh, diartikel ini ada hal negatifnya sedikit, kalian tau apa itu? silahkan cari sendiri dan tolong jangan dicontoh hal negatif itu karena itu akan berefek ke badan dan (mungkin) psikologis anda karena itu terjadi kepada saya hal negatif itu (maaf gak bisa dikasih tau yaaa apa itu).


Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo


*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger