Celoteh

[Celoteh] Udah Punya Domain, Apa yang Harus Gw Lakuin?

Gambar: phpcantho.com

Pertama, kita kenalan sedikit dulu apa itu Domain. Jadi Domain adalah sebuah nama/alamat dimana website/blog kita berada, contohnya pradjadj.com itu yang disebut domain. Buat yang belum punya Domain, mungkin kamu bisa beli domain disini. Nah di dalam domain (seperti contoh itu), dibagi jadi 3 bagian, yaitu:

1. Top Level Domain (TLD)

Apa sih Top Level Domain itu? Top Level Domain itu adalah ektensi di belakang nama domain kita (penamaan paling kanan), yaitu .com/.net/.org dan lainnya. Itu yang disebut Top Level Domain. Nah TLD ini, dibagi kedalam 2 macam, yaitu:

  • Generic Top Level Domain (gTLD) adalah domain pada umumnya yaitu .com/.net/.org dan lainnya
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah domain untuk kode sebuah negara, contohnya .id (untuk Indonesia), .jp (untuk Jepang), .sg (untuk Singapore), .kr (untuk Korea), .us (untuk Amerika Serikat) dan lain sebagainya yang melambangkan kode negara itu.

Sampai sini udah ngerti? Kita lanjut ke, nomor 2.

2. Second Level Domain

Second Level Domain, bisa disebut dengan “nama domain”, yaitu seperti contoh diatas “pradjadj” nya aja yang akan di daftarkan ke penyedia domain/registrar domain.

3. Third Level Domain

Third Level Domain, bisa disebut dengan “sub domain”, misalnya ingin memakai nama lain tapi dengan nama induk yang sama, contohnya “blog.pradjadj.com”, nah nama “blog” nya itu disebut dengan Third Level Domain, atau sub domain.

Sampai disini udah ngerti ?? Sekarang kita lanjut ke pembahasan utamanya. Kalau kita udah punya Domain sendiri dan bukan pakai Sub Domain dari provider (misal: blogspot/wordpress/wix, dll), kita harus ngapain sih?

1. Kasus Pertama

Nah, hal pertama yang harus kalian tahu adalah, “Domain gw dipakai buat apa ya?“, misal kalau kalian udah punya blog di blogspot/wordpress dan ingin ganti blog kalian dengan nama domain sendiri (misal dari pradjadj.blogspot.com jadi pradjadj.com), berarti kalian harus setting DNS nya dulu dan arahkan ke blogspot/wordpress. (Cara settingnya cari di Google ya) 🙂

2. Kasus Kedua

Terus, kalau punya domain doang dan belum punya blog di platform manapun, pikir dulu, yaitu: “1. gw mau bikin blog di tempat gw sendiri atau gak ya? (blog/website di taruh di Hosting)” atau “2. gw ngapain beli domain ya?” Kalau udah punya domain dan kalian ngerti ngoding, mending bangun website kalian sendiri. Caranya? Caranya, kalian harus punya yang namanya HOSTING. Apa itu HOSTING? singkatnya Hosting itu adalah RUMAHNYA, jadi kalau udah punya alamat, kita harus punya RUMAHNYA. Hosting bisa dibeli di penyedia hosting yang ada di Indonesia ini (cari di Google), kalau sebelumnya kita pakai HOSTING dari Platform yang bisa dibilang banyak Minusnya (karena ibarat Kos Kosan), Hosting ini ibarat Rumah Sendiri/Rumah Kontrakan, jadi kita bebas mau ngapain aja di rumah kita sendiri dan kita hanya bayar biaya ruangannya aja (Storagenya). Kalau udah punya Hosting, arahin Name Server Domain kalian ke Hosting kalian. Dan tunggu beberapa menit/jam, domain udah mengarah ke hosting yang kamu punya.

3. Kasus Ketiga

Ah gw gak punya duit buat beli hosting“, OKE.. gapapa, di bagian terakhir ini, kalian bisa bikin diri kalian keren di dunia maya dengan “email pribadi” YAA.. contohnya kaya gw dengan email halo@pradjadj.com .. gimana.. keren kan? 😀 Caranya, kalian cukup arahin domain yang udah kalian beli ke server Emailnya. Di kasus ini, kita pakai contoh Mail Server gratisan dari Zoho Mail (GAK DI SPONSORIN/GAK PAKE AFILIASI). SEBELUMNYA, kalian WAJIB pakai Default Name Server dari penyedia domain di tempat kamu membeli domain itu. Nanti masuk ke DNS Management dan setting yang namanya TXT Record, MX Record dan CNAME Recordnya. “HAH? gak ngerti gw ja“, yaudah, cari caranya di Google.. di artikel ini hanya ngasih saran, atau komentar dibawah untuk pertanyaannya 🙂

YAP.. itu dia hal yang harus kalian ketahui saat sebelum/sesudah membeli domain. Kurang puas ya sama artikelnya? sengaja (hehehe 🙂), karena kalau kurang puas gw bisa membuka chit/chat di kolom komentar dibawah. Tenang aja, pasti gw bales kok kalau masalah pertanyaan yang jelas 🙂

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo


*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Advertisment ad adsense adlogger