Celoteh

[Celoteh] Simbol “P” di Resolusi itu apa sih?

hayoo, jawabannya apa~~ (singkat aja ya)

“P di resolusi itu artinya Pixel” – EEIIITTSSS~~ salaaaaahhh~

NAAH, mungkin udah ada yang tau simbol/inisial “p” yang ada di resolusi itu apa. Jawaban tepatnya, “P” yang ada di resolusi itu adalah “Progressive” yang artinya ada Line/Garis sebanyak resolusi tersebut. 720p 60fps artinya ada 720 garis/line yang terisi di 1 video/field tersebut yang bergerak secara berbarengan dengan kecepatan 60fps begitu juga, 1080p 60fps, ada 1080 garis/line yang bergerak secara berbarengan dengan kecepatan 60fps dan seterusnya.

Interlaced Scan vs Progressive Scan
Images provided by Samsung via lifewire.com

Ada yang pernah dengar resolusi 720i / 1080i ?? Terus, artinya apa? Inisial “I” itu artinya Interlaced, yang arti/harfiahnya adalah membagi hasil gambar menjadi 2 bagian, yaitu A dan B atau Ganjil dan Genap. Beda dengan Progressive yang hasil penggambarannya langsung dijadikan 1 garis, Interlaced dibagi menjadi 2 garis bagian. Contoh, “1080i 60fps” ada 1080 garis yang terdapat di dalam suatu video dengan framerate 60fps, artinya 60fps itu dibagi 2 garis, yaitu garis A/Ganjil akan berjalan diframe 30fps dan garis B/Genap akan berjalan di 30fps juga.

Satu contoh lagi perbedaan 1080p dan 1080i ada pada kehidupan kita sehari-hari. Buat kamu yang suka nonton video/film RAW, atau sering nonton TV, atau lagi kita suka memfotokan (pakai HP) layar TV kita, itu akan ada refleksi garis-garis. Itulah yang disebut Interlaced, karena ada perbedaan framerate antara lensa HP dan layar TV kamu.

Atau kamu sering nonton film RAW di PC/Laptop kamu, kok ini video ada garis-garisnya sih, gak kaya nonton anime/konser video biasa (video Progressive). Nah artinya video tersebut berformat Interlaced yang singkat artinya tayangan itu mungkin direkam dari Decoder TV dengan tipe RAW format (.ts) tanpa ada editing/encoding.

perbedaan Interlaced dan Progressive

Bedanya apa dong? Nah selain yang udah dikasih tau diatas bedanya, ada perbedaan mendasar lagi nih yaitu :

Progressive Interlaced
Kualitas lebih bagus saat dipause Kualitas agak rendah saat dipause
Gampang untuk diedit di aplikasi Susah untuk diedit karena video terbagi menjadi 2 bagian garis/line
Lebih Modern, bisa ditampilkan di LCD/LED Masih pakai teknologi CRT yang ada di TV-TV tabung
Size lebih besar karena framerate bergerak secara berbarengan Lebih rendah size

Jadi singkatnya gituu~

Dan buat kalian yang mau nonton video HD dengan size rendah, selain melewati proses Encoding yang ribet settingnya, yaudah sana nonton aja video dengan tipe Interlaced, karena 720i itu lebih rendah size ketimbang 720p 😂😂😂

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo


*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger