Celoteh

[Celoteh] Nama Partisi Hardisk External / Flashdisk kok gak keganti ya?, pahadal udah diganti.

Buat yang punya Hardisk External atau Flashdisk, pernah gak kalian mengganti nama selain “Local Disk”, pastinya pernah kan ya?

Nah di artikel kali ini, gw mau sharing sedikit tentang penamaan pada Drive External nih, mungkin buat kalian yang udah tau ya gapapa, ini hanya sharing dari gw ke kalian yang belum tau aja gimana cara mengatasinya 🙂

Jadi, HDD External atau Flashdisk kalian mungkin udah diganti nama partisinya sesuka kalian, terus di Disk Management, namanya juga udah keganti, tapi kenapa di My Computer gak keganti ya? Masih tetap Local Disk aja? apa jangan-jangan ini ulah elit global virus ??

Oke.. setelah gw melakukan reset riset ber jam-jam sampe tidur jam setengah 5 pagi *HAHA, gak, canda kok*, dan gw menemu penyebabnya, bukan.. kali ini bukan file bertipe Autorun.inf yang nyempil / tersembunyi (hidden) di HDD Ext/Flashdisk kalian, tapi ini ulah dari folder yang bernama sama, yaitu Autorun.inf (bentuknya folder, bukan file). Ah masa? Ini gw liat di HDD Ext / Flashdisk gw gak ada folder yang namanya kaya gitu.

Yaaaaa.. emang gak keliatan folder yang namanya kaya gitu, dan meskipun Folder Propertiesnya udah disetting jadi bisa melihat “file/folder yang tersembunyi”, tapi untuk folder yang satu ini yaitu Autorun.inf, gak bakal keliatan.

Terus, gimana cara menghapusnya? Caranya cukup gampang, yaitu kamu tinggal: (ketik Reg <sepasi> HILANG)

Cara Pertama:

  • buka CMD atau Command Prompt dengan Run as Administrator
  • ketik I: terus pencet Enter, nanti dia berubah posisi direktorinya yang dari C:\Users\Nama User ke direktori yang ada di Hardisk/Flashdisk kamu. (contoh disini pakai partisi huruf I)
  • setelah itu ketik dir untuk melihat isi folder dari HDD Ext/Flashdisk, terus cari folder bernama Autorun.inf dan $RECYCLE.BIN lalu ketik rmdir /S Autorun.inf dan rmdir /S $RECYCLE.BIN jika ada notifikasi muncul bertuliskan Are you sure (Y/N), kamu tinggal ketik Y dan Enter
  • Selesai dan eject HDD Ext / Flashdisknya

Cara Kedua:

  • Jika folder Autorun.inf & $RECYCLE.BIN gak ketemu di Cara Pertama, gak usah panik, coba langsung ketik aja rmdir /S Autorun.inf dan rmdir /S $RECYCLE.BIN
  • Masih gak bisa juga? Coba download aplikasi FileZilla yang tipe Clientnya, install seperti biasa dan jalankan FileZilla sebagai Administrator (Run as Administrator)
  • Pindah ke posisi partisi HDD Ext/Flashdisk kamu yang ada di This PC terus di posisi File Manager dibawahnya, cari folder bernama Autorun.inf dan $RECYCLE.BIN di HDD Ext/Flashdisk kamu dan hapus kedua folder tersebut dengan pencet tombol Delete di Keyboard atau klik Kanan > Delete
  • Selesai dan eject HDD Ext / Flashdisknya

Apa sih Autorun.inf & $RECYCLE.BIN itu?

Autorun.inf adalah sebuah script program yang ada pada Hard Drive baik itu Internal atau External untuk menjalankan sebuah program secara otomatis yang ada di Hard Drive kamu. Entah itu otomatis berjalan mulai dari pertama nyalain PC/Laptop atau program script itu berjalan saat kamu baru mencocol mencolokan HDD Ext/Flashdisk dan itu yang disebut dengan nama Autorun.inf. File ini sebenernya fifty-fifty karena file yang satu ini bisa dianggap baik, bisa dianggap jahat, baiknya ya bisa melindungi HDD kamu dari serangan jahanam atau mengganti nama partisi dan jahatnya bisa menjalankan sebuah script virus yang akan ditanam kedalam HDD/Flashdisk dan ke sistem OS kamu.

Terus kalau $RECYCLE.BIN itu adalah sebuah tong sampah *YA IYALAH*. Tapi folder $RECYCLE.BIN ini ada di setiap Hard Drive/perangkat, fungsinya sebagai tong sampah dari Hard Drive yang sedang berjalan serta menjadi Cache untuk Hard Drive tersebut. Karena di $RECYCLE.BIN itu ada sebua Cache dan mungkin ada hubungannya dengan Autorun.inf, kedua folder ini boleh dihapus dan gak ada efek sampingnya seperti jadi cepet ngantuk atau jadi laper terus. *lu kata obat ja*

Nah itu dia Celotehan kali ini, kalau ada yang mau ditanyain, silahkan komentar dibawah, kalau nanyanya gak aneh-aneh, gw jawab. 😀

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

4 Comments



*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Advertisment ad adsense adlogger