Gambar: clipart-library

Ya.. gw bisa dibilang orang yang sering dapat kritikan. Mulai dari kritikan yang ngebangun, sampai kritikan yang menjatuhkan mental *makasih lho*. Dan gak ada larangan buat mengkritik seseorang, tapi tau dong cara sopan santun dalam berkritik? dan kalau bisa sih, jangan cuma kritik aja, tapi coba kasih solusi ke orang yang dikritik supaya kritikan itu bisa di jalankan 🙂 gw tau, orang yang udah bisa kritik itu orang yang dewasa, bukan anak-anak lagi, tapi masa udah dewasa harus diajarin tata cara sopan santun macam kaya anak kecil sih, emang gak malu? Jadi jangan cuma mau kritik orang aja, tapi hal yang pertama dalam berkritik itu tau sopan santun, okey.

Lagipula, kritik itu tercipta karena pemikiran tiap orang beda-beda, makanya munculah kritik itu, tapi coba sebelum mengkritik orang, apa kritikan yang akan kita keluarkan itu bisa bikin orang yang dikiritik merasa nyaman atau malah tertekan? dan JANGAN coba mengkritik sesuatu untuk diri sendiri aja, tapi kritik lah seseorang untuk kepentingan bersama. Maksudnya gimana? ya maksudnya bisa nyaman untuk diri sendiri dan nyaman untuk orang yang dikritik itu dan mungkin bisa nyaman untuk pihak lain diluar dari lingkup yang kritikan kamu, misalnya aja orang yang di kritik itu adalah seorang Public Figure/Influencer jadi kritikan itu bisa membuat nyaman orang lain juga diluar dari lingkup pengkritik dan dikritik.

Gw itu salah satu orang yang bisa dibilang suka mengkritik orang lain, tapi gw gak menutup diri dari kritikan orang lain kok. Kalau misal kalian mengkritik gw biar ini, itu, coba ini, coba itu, gw akan lakuin, tapi apa lu bisa rasain dulu kritikan lu itu sebelum kata-kata lu itu sampai di orang lain? Misal gw ngebuat sesuatu, dan gw punya tim, dan ternyata semua staff (gw dan tim) sibuk dan belum bisa ninggalin kerjaan itu, tapi di lain sisi, projek yang gw bikin ini ditunggu banget sama orang lain sampai-sampai orang lain yang menunggu projek gw, mengkritik gw “gimana sih kok projeknya gak dilanjutin, blablablabla” (ini hanya contoh). Padahal ada alasan kenapa projek itu belum bisa lanjut. Dan belum bisa lanjut bukan berarti berhenti kan???

Jadi.. coba, mulai sekarang benerin kata-kata untuk mengkritik seseorang, jangan buat orang yang dikritik sampai jatuh mentalnya. Ada alasan kenapa dia gak bisa ngelakuin apa yang orang inginkan, mungkin karena ada masalah/hal lain yang padahal dia itu pengen banget dilakuin/diadain sebelum dia mendapat kritik dari orang lain, tapi apa daya kan kalau ada urusan/hal yang mungkin dia gak bisa lakuin sendirian, dan tiba-tiba ada kritikan dengan kalimat “AA BB CC” tapi dihati dia ternyata emang dia pengen ngelakuin “AA BB CC” itu.

Hmm.. kayanya, segini aja mungkin akan gw tambah dilain waktu kalau ada tambahan 🙂


Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

One Comment

  1. kritik yg membangun bisa2 aja sih kalo yg yg dituju bukan dunia pro, macam web ini, seperti yg lu bilang.. cuman kalo udah masuk ke ranah professional, seriously dude, itu mustahil.. bukan kapasitas “awam” seperti kita untuk memberi saran kepada seorang pro..
    btw gw orang yg suka ngerant juga lho wkwkw..

    pokoknya keep going aja dah



*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


SEBELUM DOWNLOAD, MOHON BACA INI

 

----------

 

BEFORE DOWNLOAD, PLEASE READ THIS

I will not answer questions about REQUEST VIDEO / WHEN THE NEW VIDEO IS UPLOADED !!

Advertisment ad adsense adlogger