Celoteh

[Celoteh] “Aplikasi Karya Anak Bangsa”

baca dan perhatikan baik-baik, apa maksud dari artikel ini

“Aplikasi Karya Anak Bangsa” yang artinya, aplikasi tersebut buatan orang Indonesia, developer pertama dari tangan kreatif anak Indonesia, duit pertama ngebangun aplikasi dari anak bangsa Indonesia. Terdengar bagus dan bikin Indonesia dilihat dimata dunia bahwa Indonesia bukan hanya sekedar pemakai tapi juga pembuat.

LET’S TO THE POINT FOR THIS ARTICLE !!

Banyak yang nyindir juga, dan salah satunya gini “halah, aplikasi karya anak bangsa, tapi ujung-ujungnya ntar anak bangsa yang di ‘makan’ sama aplikasinya sendiri“, tau maksudnya? ya… menurut dia APLIKASI TERSEBUT SUDAH BUKAN KARYA ANAK BANGSA LAGI.

Gw gak paham sama pemikiran mereka yang ngomong kaya gitu, ngebangun sebuah usaha itu perlu kerja tim, perlu kerja keras dan butuh modal. Sebuah aplikasi atau bisnis yang dibangun oleh tangan kreatif orang Indonesia tanpa campur tangan dari kerja tim, kerja keras dan modal akan HANCUR.

Maksud lu komen negatif itu apa sih? Kepemilikannya dan operasional udah bukan orang Indonesia lagi gitu, hah? .. Kalo lu berpikir gitu, otomatis ya … SALAH. Kenapa gw bilang salah, mari kita berpikir dari sisi Management Bisnis, misal gw beri contoh gw sendiri ya.

Misal nih, gw bikin aplikasi bareng 3 temen gw (total bikin aplikasi ini 4 orang termasuk gw, kepemilikan masing-masing 25%), aplikasi berjalan sukses, dan karena sukses itu, gw butuh resource atau pemasukan yang lebih banyak karena udah gak kuat pakai duit sendiri.

Jalan pertama untuk dapat pemasukan apa? yaitu dengan Advertise/Iklan, setiap ada iklan dan iklan itu dilihat sama pengguna, kita dapat pemasukan. Tidak menutup kemungkinan, jalan pertama masih kurang juga, lanjut ke jalan kedua yaitu pencarian dana/Investor. NAH.. disini letak untuk dikomentarinnya, kalau sudah ada campur tangan dari 100% kepemilikan, otomatis akan bagi hasil dengan investor karena ya pasti duit udah dikasih sama dia, masa iya dia gak dapet keuntungan.

INGAT, investor itu berfungsi untuk menyuntikan dana supaya bisnis berjalan lancar. Dan yang namanya bisnis pasti untuk mencari keuntungan. Untuk permasalahan operasional, masih 100% dipegang oleh 4 orang founder itu.

KECUALI, gw punya teman luar negeri, dia sendirian bikin aplikasi niih, nah gw cuma bantu untuk masalah Operasional kaya maintenance ringan appsnya aja.. tapi 100% duit dia keluarin sendiri mulai dari server, codingan, otak, dll termasuk pencarian investornya, itu baru namanya “Aplikasi Karya (luar) Anak Bangsa” !!!

Yang namanya KARYA, itu dibuat 100% oleh tangan dia sendiri, masalah modal atau apa itu urusan lain.

ADA LAGI gw kasih contoh, misal.. gw selaku Investor yang ngasih duit kesebuah aplikasi/website supaya aplikasi/websitenya bisa jalan terus, apa itu artinya aplikasi/website itu karya gw ?? KAGAK LAH !! Itu namanya gw mengapresiasi/mendukung karyanya dia dalam sebuah aplikasi/website itu dengan cara memberi bantuan dana. ITU YANG NAMANYA PEMBERIAN DANA !!!

BIKIN EMOSI LU.. KESEL GUA !!!

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo


*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Advertisment ad adsense adlogger