Celoteh

[Celoteh] Fungsi KJP Buat Apa? + Komentar Saya

Gambar: Ilustrasi KJP (yang di edit sedikit oleh saya)

*Disclaimer:

  1. Just for Indonesian only
  2. If you know Indonesian language, please help me to translate this article to English language ūüôā

Apa sih fungsi KJP itu??? “ya dana bantuan buat anak sekolah lah sampai jenjangnya selesai” .. YAK ANDA BETUL !! Eits, tapi dana bantuannya dipakai buat apa aja tuh??? NAH menurut peraturan pemerintah DKI Jakarta, dana bantuan dipakai untuk membayar sekolah (SPP), membeli peralatan sekolah, dan pokoknya buat sekolah. Rinciannya begini *buka spoiler*

Spoiler for: Rincian KJP
  • Buku tulis.
  • Buku gambar.
  • Buku pelajaran.
  • Alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus dan rautan.
  • Alat gambar seperti macam-macam penggaris, pensil lwarna, spidol, cat/kertas warna, buku dan¬†atau kertas gambar dan jangka.
  • Alat dan¬†atau bahan praktik.
  • Seragam sekolah dan kelengkapannya.
  • Sepatu dan kaos kaki sekolah.
  • Tas sekolah.
  • Pakaian olahraga sekolah.
  • Buku pelajaran penunjang.
  • Kudapan bergizi.
  • Kacamata sebagai¬†alat bantu penglihatan.
  • Alat bantu pendengaran.
  • Kalkulator scientific.
  • USB flashdisk sebagai¬†alat simpan data.
  • Seragam pramuka dan kelengkapannya.
  • Pembayaran kegiatan ekstrakurikuler yang tidak dibiayai oleh Biaya Operasional Pendidikan dan Bantuan Operasional Sekolah.
 No. Jenis Toko & Penggunaan Keterangan
1  Alat-alat Kesehatan  Peralatan penunjang kesehatan (perawatan kesehatan gigi, alat bantu pendengaran, alat bantu berjalan, dll).
2  Apotek/Toko Obat  Obat-obatan dan vitamin.
3  Optik  Alat bantu pengelihatan (kacamata).
4  Toko Busana/Toko  Sepatu  Seragam, sepatu sekolah, dan kelengkapannya.
5  Departement Store  Seragam, sepatu sekolah, dan kelengkapannya.
6  Supermarket/Foodstore  Makanan dan minuman bergizi. Peralatan kebutuhan sekolah.
7  Toko Buku  Kebutuhan buku siswa (buku tulis, buku latihan soal, buku gambar, buku pelajaran).
8  Alat Tulis  Kebutuhan alat tulis siswa (alat tulis, alat gambar, alat dan bahan praktik).
9  Kebutuhan Olah Raga  Seragam dan peralatan olahraga yang menunjang pelajaran olahraga di sekolah.
10  Kegiatan  Ekstra Kurikuler yang tidak dibiayai oleh BOP dan BOS

*diambil dari website resmi Kartu Jakarta Pintar

Dari rincian tersebut udah ngerti kan? Tapi pasti ada yang kalian bingungin, hayo apa? komen dibawah ya~ ūüôā

Kalau menurut gw yang gw bingungin adalah:

  1. Bagaimana pembayaran untuk Ujiannya? (untuk swasta)
  2. Bagaimana pembayaran untuk Daftar Ulang? (untuk swasta)
  3. Bagaimana pembayaran untuk ongkos anak?
  4. Bagaimana anak jajan menggunakan dana dari KJP tersebut?
  5. Karena KJP tidak bisa untuk tarik tunai, lantas bagaimana cara anak untuk membayar poin 1-4 tersebut?
    *gw bingung, kenapa gak bisa di tarik tunai, seengganya bisa gitu kek ya meskipun sedikit ya 50rb-100rb lah dan dikasih limit perminggu untuk tarik tunainya, betul kan?*

Kalau yang udah gw tanya ke pihak sekolah *karena adek gw punya KJP* itu sistemnya gini:

  1. Untuk pembayaran SPP, dana langsung terdebet setiap bulannya atau dana KJP dari pemerintah langsung dikasih ke sekolah untuk pembayaran SPP (jadi yang dikasih ke kita itu untuk belanja saja)
  2. Untuk pembayaran ujian, daftar ulang, ongkos, jajan dan lain-lain menggunakan duit pribadi.

WHAT !!! lho Ujian & Daftar ulang kan masuk kategori pembayaran sekolah yang mutlak atau wajib dibayar. Kenapa udah punya KJP tapi cuma dipakai untuk rincian diatas itu? dikasih dana *yang lumayan* banyak oleh pemerintah, tapi cuma dipake buat belanja gesek buku, aja.. seragam aja, dan lain-lain. Itu tiap 1 semester kita dapat KJP lumayan lho. Dan emang beli seragam tiap 1 semester, ya kagak kalii, terus beli perlengkapan pramuka/olahraga tiap 1 semester, gitu? GAK JUGA KALI.. kalau buat buku dan peralatan tulis lainnya wajar bisa tiap semester.

Ini buat anak lho, masa ujian dan daftar ulang juga gak dibayar sama pemerintah, dan di peraturan pemerintah Jakarta itu JELAS bisa buat jajan dan ongkos sekolah. LHA ITU GIMANA NGAMBIL DUITNYA kalau KJP HANYA DIPAKAI DI MESIN EDC (MESIN GESEK). LU KATA KANTIN SEKOLAH BAYARNYA GESEK !! ATAU NAIK ANGKOT BAYARNYA GESEK !! *kecuali TransJakarta ya* ATAU SEKOLAH PUNYA MESIN GESEK BUAT PAKAI ITU KJP !!.

THINK AGAIN GOVERNOR AND BANK DKI JAKARTA !!!

Gw tau kok ini buat antisipasi kecurangan keluarga yang dana KJPnya dipakai untuk foya-foya bukan buat kepentingan anak sekolah. Ya kan demi antisipasi kecurangan tersebut, pemerintah bareng pihak bank juga bisa dong cari alternatif lain yang gak bikin bingung keluarga. Contohnya itu lampirkan bukti tiap bulannya atau tiap KJP dipakai di merchant dan print buku tabungan tersebut.

Terus coba lihat lagi di rincian KJP diatas, “Kudapan bergizi (atau biaya anak yang rutin perbulannya)“. LU KATA IBUNYA GAK BELANJA DI TUKANG SAYUR !! LU KATA TUKANG SAYUR PAKE MESIN GESEK KAYA DI TOKO SWALAYAN. LHA IYA MASA IBU-IBU HARUS PERGI JAUH KE TOKO SWALAYAN BUAT BELI SAYUR-SAYURAN DOANG !! NGACO AH.. KESEL GW

Kalau kita sebagai masyarakat ditanya sama pemerintah atau pihak bank “emang keluarga kalian gak kerja sebegitunya gak bisa bantu pemerintah sedikit untuk membayar biaya yang sedikit itu“.

Kalau gw yang jawab “bisa aja saya bayar biaya yang sedikit itu, tapi liat buat keluarga yang kurang mampu, buruh, tukang sapu, anak dari tukang sampah dan lain-lain yang gajinya kurang dari 3jt atau kurang dari UMR atau tidak ada pemasukan perbulan. kalau gw alhamdulillah gw karyawan swasta yang ada penghasilan perbulan, tapi coba pikirin yang lain itu lho

Nah sampai disini aja deh celotehan ini. Celotehan ini dibuat karena ada kasus anak yang KJPnya di blokir oleh pemerintah & bank karena ketahuan tarik tunai (via mesin edc) dan KJPnya di blokir, padahal dana itu untuk bayar sekolahnya dan sekolahan adek gw menerima KJP termasuk adek gw juga punya KJP dari pihak sekolah.

Ada komentar? silahkan komentar dengan syarat dan ketentuan berlaku ūüôā (baca: jaga kesopanan)

Tags

Related Article

Pradja DJ

M untuk Mini dan W untuk Wumbo


*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Check Also

Close
Advertisment ad adsense adlogger