Celoteh

[Celoteh] Biar gak capek ngurus jaringan Internet yang gede, mending pake cara yang satu ini

Semakin bertambahnya tahun, tentu teknologi juga ikut berkembang bahkan perkembangannya pun sangat cepat, salah satunya teknologi dibidang jaringan dan internet. Di jaman now ini Teknologi Cloud Computing & Virtualization telah berkembang dan memudahkan akses serta pengaturan server. Nah, kali ini muncul sebuah gagasan dan project yaitu Network Automation. Apa sih itu? Network Automation adalah program  yang disusun dan dibuat sercara teratur dan terstruktur untuk memudahkan administrator jaringan dalam menciptakan infrastruktur jaringan, baik pembuatan, perawatan, dan pengoperasian jaringan. Nah, dalam pengoprerasioannya,  Network Automation cocok buat dipakai dalam jaringan berskala luas dan besar.

Pemikirannya gini, kalau sebuah peternak punya 130 domba, daripada si peternak sibuk mengawasi dombanya satu-satu, mendingan dia pasang CCTV untuk mengawasinya. Nah, gitu juga kaya administrator jaringan yang ngawasin banyaknya infrastruktur jaringan mulai dari router, server, client, dll. Lebih efektif kalau pakai Network Automation, dibanding pake tenaga manusia yang gak kuat stand by 24 jam dan rentan melakukan kesalahan (kalo kecapean).

Untuk program cara jalanin Network Automation ini ada banyak caranya, ada yang sederhana kaya pake Python, terus ada Napalm,  Ansible, Netmiko, dan lainnya. Untuk pemula sih gw saranin coba pake program Python dulu.

Terus, bagaimana cara belajar Network Automation?, buat belajarnya gak perlu menggunakan perangkat fisik macam pake komputer A & komputer B serta router/mikrotik dan lainnya, cukup pake software GNS3 aja, APA TUH GNS3 ?? intinya software untuk belajar jaringan secara virtual tanpa menggunakan perangkat fisik untuk belajar jaringan. GAmbarnya kaya dibawah gini.

GNS3
Software GNS3

Kenapa pake software GNS3? karena software ini GRATIS (gw tau lu kere, dan rata-rata IT newbie itu KERE, makanya gw kasih GRATIS.. wkwkwk) dan banyak banget fiturnya dibanding software yang semirip. Dan karena untuk pemula, minimal tahu sedikit lah apa itu Python dan perintah dasarnya. (HAH? Gak tau dasar Python? Belajar sana luu.. IT kok males) 😒

Dan gitu aja sekilas pembahasan tentang Network Automation beserta fungsinya, di artikel selanjutnya mungkin kita akan belajar tutorial awal Network Automation dengan Python pake software GNS3.

Babaay~!

Tags

Related Article

Roni Ardiyanto

Penggemar Open Source ,Linux ,Jaringan dan Teknologi

2 Comments

    1. cuma beda interface doang kok..

      ibaratnya GNS3 itu buat yang bener2 pemula karena interfacenya itu lebih gampang ketimbang packet tracer.. (menurut gw yaa~)



*NB: Laporan error tanpa screenshot akan diabaikan. / Error report without screenshot will be declined

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Advertisment ad adsense adlogger